Thursday, January 20, 2022

Bandara Mau Disulap Jadi Tempat Pemasaran UMKM, Caranya?

 PT Angkasa Pura II berniat untuk menyulap bandara-bandara yang dikelolanya jadi tempat pemasaran UMKM. Hal itu bakal terwujud dengan program Gerakan Bangga Karya Anak Bangsa Indonesia (Gerbang Indonesia).




President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan program itu akan menjadikan bandara sebagai tempat utama pembinaan UMKM (inkubasi, pelatihan, pembiayaan dan promosi), tempat transaksional UMKM, hingga sebagai hub pariwisata dan budaya.

"Seperti diketahui, bandara adalah pintu gerbang dari suatu wilayah sehingga menjadi lokasi strategis dalam mengembangkan UMKM termasuk memperkenalkan produk-produk andalan dari UMKM setempat," ujar Awaluddin dalam keterangannya, Kamis (20/1/2022).

Salah satu implementasi dari pelaksanaan Gerbang Indonesia adalah AP II mendukung penuh program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang diinisiasikan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenkomarves).

Rabu 19 Januari 2022 kemarin di Bandara Sultan Thaha Jambi, Kemenkomarves dan Kementerian Perhubungan secara resmi melakukan Kick Off pelaksanaan Gernas BBI 2022.

"Kick Off di Bandara Sultan Thaha ini mengawali seluruh rangkaian kampanye Gernas BBI 2022 mulai dari Januari hingga Desember 2022 di seluruh Indonesia. AP II sendiri akan menggelar Gernas BBI 2022 di 7 bandara," ungkap Awaluddin.

Setidaknya ada 7 bandara AP II yang menggelar Gernas BBI 2022. Mulai dari Bandara Sultan Thaha (Jambi) pada Januari 2022, Bandara Raja Haji Fisabilillah (Tanjung Pinang) pada Maret 2022, Bandara Minangkabau (Padang) pada April 2022, Bandara HAS Hanandjoeddin (Belitung) pada Mei 2022, Bandara Radin Inten II (Lampung) pada Juni 2022, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang) pada November 2022, dan Bandara Supadio (Pontianak) pada Desember 2022.

Adapun penyelenggaraan Gernas BBI 2022 di Bandara Sultan Thaha Jambi digelar di terminal penumpang. Tepatnya di area curbside. Di area tersebut dibangun panggung berukuran 10x4 meter, lalu booth showcasing berukuran 3x3 meter sebanyak 10 unit bagi UMKM yang telah dikurasi oleh Bank Indonesia dan Pemprov Jambi, serta area pameran kendaraan listrik roda dua dan roda empat.

0 comments:

Post a Comment