Tuesday, August 24, 2021

Luhut Ajak Seluruh ASN Beli Produk Lokal UMKM untuk Kebutuhan Sehari-hari

 

Luhut Ajak Seluruh ASN Beli Produk Lokal UMKM untuk Kebutuhan Sehari-hari

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) agar terus membantu perekonomian para usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dengan berbelanja.

Ajakan tersebut ia sampaikan dalam perhelatan virtual pembukaan Lokal Keren Jawa Timur dalam kampanye Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang selama ini digencarkan oleh pemerintah.

"Ajak semua ASN beli keperluan sehari-hari produk dalam negeri. BBI akan terus bergerak dari daerah ke daerah," ujar Luhut melalui tayangan Youtube Kementerian BUMN, Sabtu (7/8/2021).

Bahkan, Luhut mengatakan, ada promo menarik selama bulan Agustus yang diberikan kepada konsumen, apabila berbelanja produk-produk UMKM melalui platform e-commerce.

Selain itu, Luhut menyebutkan bahwa hingga Juni 2021, terdapat 6,5 juta unit UMKM telah beralih pemasarannya melalui platform digital.

"Adapun sejak Mei 2020 hingga Juni 2021, telah mencapai 6,5 juta unit UMKM on boarding ke e-commerce sehingga total menjadi 14,5 juta unit," ucapnya.

Tak lupa, ia mengajak seluruh pemangku kepentingan, baik dari kementerian, lembaga, pemerintah daerah, serta para pelaku platform digital untuk terus menyerukan pembelian produk-produk UMKM.

Hal ini dalam rangka tercapainya target 30 juta unit UMKM beralih ke pemasaran digital.

"Selanjutnya, kita harus terus mendorong 15,5 juta unit UMKM lainnya untuk go digital hingga 2023, menjadi 30 juta unit on boarding. Kepada para seluruh campaigne manajer dan kepala daerah, mari kita capai target tersebut dan mendorong masyarakat untuk mengkonsumsi produk UMKM," kata dia.

Pada 14 Mei 2020, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Melalui konfrensi pers video, Presiden berharap agar Indonesia tak lagi bergantung pada produk impor.

Selain itu, di tengah pandemi Covid-19, para pelaku UMKM mampu menjaga kualitas serta inovasi produk untuk menyelamatkan perekonomian dalam negeri.

Sumber : https://money.kompas.com/read/2021/08/07/171321226/luhut-ajak-seluruh-asn-beli-produk-lokal-umkm-untuk-kebutuhan-sehari-hari

Luhut, Produk Lokal, Produk Lokal UMKM, ASN Beli Produk UMKM, UMKM

0 comments:

Post a Comment