Kraft Heinz Foodservice Gelar Webinar untuk Pengembangan UMKM Kuliner
Jakarta - Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menjadi salah satu penopang
perekonomian Indonesia, termasuk saat pandemi. Namun, pandemi nampaknya
memberi dampak yang cukup besar bagi keberlangsungan beberapa UMKM.
Dari
sekian banyak sektor UMKM, kuliner menjadi salah satu yang mampu
bertahan selama pandemi. Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) pun
memastikan para pelaku UMKM kuliner akan tetap mampu menjalankan
usahanya. Sederet usaha pun dilakukan Kemenkop UKM dalam menggenjot UMKM
mulai dari transformasi ke ranah digital, penyaluran KUR hingga
peningkatan daya saing.
Merespons hal ini, Kraft Heinz Food
Service ikut mendukung upaya pemerintah dalam mendorong perkembangan
UMKM kuliner di Indonesia. Salah satunya dengan menghadirkan webinar
'Kembangkan Bisnis Kulinermu' bersama detikcom.
"Melalui webinar
ini, Kraft Heinz Food Service sebagai partner pelaku bisnis kuliner,
ingin menyediakan wadah berbagi pengalaman dan pengetahuan khususnya
untuk UMKM kuliner agar bisa maju dan berkembang di masa pandemi ini."
ujar Managing Director Kraft Heinz Indonesia & PNG, Steven
Debrabandere (5/8/2021)
Webinar ini merupakan bentuk nyata
komitmen Kraft Heinz Food Service untuk memajukan UMKM kuliner di
Indonesia. Dalam Webinar ini, Kraft Heinz Food Service bekerja sama
dengan berbagai ahli di bidang kuliner, seperti Nilam Sari, CEO Baba
Rafi Indonesia, Founder & Owner Bittersweet by Najla, Najla Bisyir;
Owner Waroeng Steak & Shake, Jody Broto Suseno; Cynthia Chaerunisa,
Co-Founder Kopi Kenangan, serta Professional Chef, Martin Praja.
Para ahli ini akan berbagi pengetahuan dan pengalaman seputar cara mengembangkan bisnis kuliner, khususnya selama pandemi.
Steven
menambahkan, untuk mendorong digitalisasi bagi UMKM kuliner, Kraft
Heinz Foodservice juga mengajak Digital Marketing Expert, Niko Julius
untuk berbagai ilmu seputar pembuatan konten sosial media dan pemasaran
produk secara digital. Hal ini juga sejalan dengan upaya Kemenkop UKM
yang menargetkan 30 juta UMKM go digital hingga tahun 2024.
Webinar
ini pun turut mendapatkan respons positif dari para UMKM kuliner. Hal
ini terlihat dari antusiasme peserta pada webinar pertama pada 29 Juli
lalu yang mencapai 26.000. Adapun jumlah tersebut terdiri dari berbagai
UMKM kuliner di Indonesia.
Selain berbagi ilmu dan pengalaman,
Kraft Heinz Food Institute juga memberikan kesempatan bagi UMKM peserta
webinar terpilih dengan bisnis dan prospek paling potensial untuk
mempromosikan bisnis kulinernya melalui detikcom.
Ada juga
tambahan modal senilai Rp 30 juta rupiah bagi para UMKM kuliner untuk
mengembangkan bisnisnya. Sementara itu, bagi 10 UMKM terpilih juga akan
berkesempatan mengikuti sesi pelatihan eksklusif dan kelas memasak dari
Ultra Indonesia dan ACP Indonesia.
Melalui webinar ini, Steven
berharap pelaku UMKM dapat mendapat pengetahuan untuk mengembangkan
bisnisnya di tengah pandemi. Dengan demikian, bisnis kuliner di
Indonesia dapat terus berkembang lebih baik.
"Dengan adanya
webinar ini, kami berharap para pelaku bisnis kuliner dan masyarakat
luas yang tertarik terjun di bisnis kuliner dapat berkembang dan
bergerak maju secara bersama-sama untuk menuju Indonesia yang lebih
baik," pungkas Steven menutup pembicaraan.
Sumber : https://food.detik.com/berita-boga/d-5671132/kraft-heinz-foodservice-gelar-webinar-untuk-pengembangan-umkm-kuliner
0 comments:
Post a Comment