Kemenparekraf dan Paxel berikan eKuliner Awards 2021 untuk pelaku UMKM
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) 
bersama Paxel, perusahaan logistik berbasis teknologi menggelar 
penghargaan "eKuliner Awards 2021". Ajang ini digelar untuk mendukung 
dan memotivasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berinovasi 
memasarkan produknya secara digital.
CEO Paxel Bryant Christanto 
menyampaikan, melalui teknologi dan logistik, Paxel telah membantu UMKM 
Kuliner untuk memasarkan produknya kepada jutaan pelanggan baru 
se-Indonesia. Bryant menyebut kenaikan omzet UMKM Kuliner Online bisa 
mencapai tiga kali lipat dengan jumlah order luar kota hingga ratusan 
ribu paket per bulan.
“Fakta menariknya berdasarkan data, kita 
dapati bahwa makanan khas daerah tertentu menjadi favorit orang-orang di
 daerah lain, seperti orang Jabodetabek suka membeli  bakwan Surabaya 
dan orang Bandung suka membeli pempek,” ungkap Bryant dalam keterangan 
tertulis yang disampaikan kepada Kontan.co.id, Jumat (30/7).
Selama
 periode Lebaran lalu, Paxel melihat adanya peningkatan pertumbuhan 
pelaku UMKM Kuliner yang sangat tinggi. Bryant menyebut, Paxel mencatat 
setidaknya ada 900.000 makanan dari ratusan ribu pelaku UMKM Kuliner 
Online yang aktif mengantarkan ordernya dengan Paxel ke dalam dan luar 
kota.
"Ini sejalan dengan tren mengirim hampers yang meningkat 
mulai dari awal Ramadhan, sekaligus akibat dari pelarangan mudik yang 
membuat banyak orang memilih untuk jajan makanan khas kampung halamannya
 sebagai obat kangen rumah,” ujar Bryant.
Sejak berdiri di akhir 
tahun 2017, Paxel telah mengukuhkan posisinya sebagai ekosistem digital 
yang membantu memasarkan produk sekaligus mendorong perekonomian lebih 
dari 1 juta pelaku UMKM Kuliner Online di Indonesia, lewat layanan 
sameday delivery  dan platform belanja jajanan khas daerah, PaxelMarket.
 
Sebagai dukungan kepada UMKM Indonesia agar semakin fokus dan 
semangat berbisnis, Paxel menghadirkan penghargaan bergengsi “eKuliner 
Awards 2021 Musim Lebaran” untuk UMKM Kuliner Online yang juga didukung 
oleh Kemenparekraf Republik Indonesia. 
Berdasarkan data 
transaksi penjualan UMKM Kuliner selama periode Lebaran 2021, terdapat 
15 UMKM Kuliner Online dari 13 kota di Indonesia yang mencatatkan jumlah
 transaksi terbesar dan masuk dalam nominasi dari kota: Jakarta, Bogor, 
Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya,
 Malang, Denpasar, dan Makassar.
Sedangkan untuk kategori yang 
diluncurkan adalah Kuliner Online Favorit Dari Kota, Kuliner Online Luar
 Kota Favorit Masyarakat Jabodetabek, dan Kuliner Online Luar Kota 
Favorit Masyarakat Bandung.
Adapun 13 UMKM Kuliner Online 
pemenang penghargaan “eKuliner Awards 2021 Musim Lebaran” tersebut 
adalah Pempek Cuko Sedap sebagai kuliner online favorit dari Kota 
Jakarta, Catering Si Babah (Kota Bogor), Venus Tweets (Kota Depok), 
Broth Mama (Kota Tangerang), Kedai Dimsum (Kota Bekasi).
Selanjutnya,
 Bakakak Ayam Kampung (Kota Bandung), Asla Bird Nest (Kota Semarang), 
Ayam Goreng PIO (Kota Solo), Delicia Bakery (Kota Yogyakarta), Bakwan 
Sowan (Kota Surabaya), Bakso Ndeso Malang (Kota Malang), Babi Guling 
Karya Rebo (Kota Denpasar), Bakso Atiraja (Kota Makassar).
Bakso 
Sowan dari Surabaya menjadi kuliner online luar kota favorit masyarakat 
Jabodetabek. Sedangkan Pempek Cuko Sedap dari Jakarta merupakan kuliner 
online luar kota favorit masyarakat Bandung.
Selain hadiah berupa
 trofi, seluruh pemenang juga akan mendapatkan review produk yang akan 
dilakukan oleh celebrity chef dan YouTuber.
Menteri Pariwisata 
dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menyampaikan apresiasi. 
Menurut Sandiaga, sebagai salah satu penggerak perekonomian, pelaku UMKM
 perlu diberikan pelatihan digital sekaligus channel pemasaran yang 
memadai. 
Sandiaga mengungkapkan, Kuliner Nusantara merupakan 
satu dari top tiga subsektor ekonomi kreatif yang mampu bertahan selama 
pandemi. Sejak awal tahun 2020, Kuliner Nusantara menjadi andalan UMKM 
Indonesia yang bisa bertahan bahkan berkembang dan mampu menggerakkan 
perekonomian selama pandemi covid-19. 
"Saya secara khusus 
mengapresiasi ajang penghargaan “eKuliner Awards 2021” sebagai langkah 
positif yang perlu didukung, agar semakin memotivasi lebih banyak pelaku
 UMKM di Indonesia untuk berinovasi memasarkan produknya secara digital.
 Saya berharap ke depan, kompetisi ini akan meningkatkan confidence para
 pelaku UMKM untuk membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya sehingga 
sektor parekraf segera bangkit kembali," pungkas Sandiaga.
Sumber : https://industri.kontan.co.id/news/kemenparekraf-dan-paxel-berikan-ekuliner-awards-2021-untuk-pelaku-umkm/?page=2 

 






0 comments:
Post a Comment