Kemenparekraf dan Paxel berikan eKuliner Awards 2021 untuk pelaku UMKM
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)
bersama Paxel, perusahaan logistik berbasis teknologi menggelar
penghargaan "eKuliner Awards 2021". Ajang ini digelar untuk mendukung
dan memotivasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berinovasi
memasarkan produknya secara digital.
CEO Paxel Bryant Christanto
menyampaikan, melalui teknologi dan logistik, Paxel telah membantu UMKM
Kuliner untuk memasarkan produknya kepada jutaan pelanggan baru
se-Indonesia. Bryant menyebut kenaikan omzet UMKM Kuliner Online bisa
mencapai tiga kali lipat dengan jumlah order luar kota hingga ratusan
ribu paket per bulan.
“Fakta menariknya berdasarkan data, kita
dapati bahwa makanan khas daerah tertentu menjadi favorit orang-orang di
daerah lain, seperti orang Jabodetabek suka membeli bakwan Surabaya
dan orang Bandung suka membeli pempek,” ungkap Bryant dalam keterangan
tertulis yang disampaikan kepada Kontan.co.id, Jumat (30/7).
Selama
periode Lebaran lalu, Paxel melihat adanya peningkatan pertumbuhan
pelaku UMKM Kuliner yang sangat tinggi. Bryant menyebut, Paxel mencatat
setidaknya ada 900.000 makanan dari ratusan ribu pelaku UMKM Kuliner
Online yang aktif mengantarkan ordernya dengan Paxel ke dalam dan luar
kota.
"Ini sejalan dengan tren mengirim hampers yang meningkat
mulai dari awal Ramadhan, sekaligus akibat dari pelarangan mudik yang
membuat banyak orang memilih untuk jajan makanan khas kampung halamannya
sebagai obat kangen rumah,” ujar Bryant.
Sejak berdiri di akhir
tahun 2017, Paxel telah mengukuhkan posisinya sebagai ekosistem digital
yang membantu memasarkan produk sekaligus mendorong perekonomian lebih
dari 1 juta pelaku UMKM Kuliner Online di Indonesia, lewat layanan
sameday delivery dan platform belanja jajanan khas daerah, PaxelMarket.
Sebagai dukungan kepada UMKM Indonesia agar semakin fokus dan
semangat berbisnis, Paxel menghadirkan penghargaan bergengsi “eKuliner
Awards 2021 Musim Lebaran” untuk UMKM Kuliner Online yang juga didukung
oleh Kemenparekraf Republik Indonesia.
Berdasarkan data
transaksi penjualan UMKM Kuliner selama periode Lebaran 2021, terdapat
15 UMKM Kuliner Online dari 13 kota di Indonesia yang mencatatkan jumlah
transaksi terbesar dan masuk dalam nominasi dari kota: Jakarta, Bogor,
Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya,
Malang, Denpasar, dan Makassar.
Sedangkan untuk kategori yang
diluncurkan adalah Kuliner Online Favorit Dari Kota, Kuliner Online Luar
Kota Favorit Masyarakat Jabodetabek, dan Kuliner Online Luar Kota
Favorit Masyarakat Bandung.
Adapun 13 UMKM Kuliner Online
pemenang penghargaan “eKuliner Awards 2021 Musim Lebaran” tersebut
adalah Pempek Cuko Sedap sebagai kuliner online favorit dari Kota
Jakarta, Catering Si Babah (Kota Bogor), Venus Tweets (Kota Depok),
Broth Mama (Kota Tangerang), Kedai Dimsum (Kota Bekasi).
Selanjutnya,
Bakakak Ayam Kampung (Kota Bandung), Asla Bird Nest (Kota Semarang),
Ayam Goreng PIO (Kota Solo), Delicia Bakery (Kota Yogyakarta), Bakwan
Sowan (Kota Surabaya), Bakso Ndeso Malang (Kota Malang), Babi Guling
Karya Rebo (Kota Denpasar), Bakso Atiraja (Kota Makassar).
Bakso
Sowan dari Surabaya menjadi kuliner online luar kota favorit masyarakat
Jabodetabek. Sedangkan Pempek Cuko Sedap dari Jakarta merupakan kuliner
online luar kota favorit masyarakat Bandung.
Selain hadiah berupa
trofi, seluruh pemenang juga akan mendapatkan review produk yang akan
dilakukan oleh celebrity chef dan YouTuber.
Menteri Pariwisata
dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menyampaikan apresiasi.
Menurut Sandiaga, sebagai salah satu penggerak perekonomian, pelaku UMKM
perlu diberikan pelatihan digital sekaligus channel pemasaran yang
memadai.
Sandiaga mengungkapkan, Kuliner Nusantara merupakan
satu dari top tiga subsektor ekonomi kreatif yang mampu bertahan selama
pandemi. Sejak awal tahun 2020, Kuliner Nusantara menjadi andalan UMKM
Indonesia yang bisa bertahan bahkan berkembang dan mampu menggerakkan
perekonomian selama pandemi covid-19.
"Saya secara khusus
mengapresiasi ajang penghargaan “eKuliner Awards 2021” sebagai langkah
positif yang perlu didukung, agar semakin memotivasi lebih banyak pelaku
UMKM di Indonesia untuk berinovasi memasarkan produknya secara digital.
Saya berharap ke depan, kompetisi ini akan meningkatkan confidence para
pelaku UMKM untuk membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya sehingga
sektor parekraf segera bangkit kembali," pungkas Sandiaga.
Sumber : https://industri.kontan.co.id/news/kemenparekraf-dan-paxel-berikan-ekuliner-awards-2021-untuk-pelaku-umkm/?page=2
0 comments:
Post a Comment