Intip Strategi untuk UMKM Lebarkan Sayap Penjualan ke Mancanegara
Pemerintah mencatat ekspor produk UMKM sejauh ini masih rendah. 14
Persen dari total ekspor nasional. Maka dari itu, diperlukan strategi
untuk UMKM bisa mendunia.
Founder dari Komunitas Bisa Ekspor,
Julio (24), memutuskan menjadi eksportir karena melihat peluang yang
besar dan menguntungkan. Dia pun membagikan strategi dan tips agar
produk-produk UKM bisa menembus pasar global.
Pertama, ialah
mempersiapkan pemasaran mumpuni untuk target pasar luar negeri.
Pemasaran produk saat ini semakin mudah karena bisa dilakukan daring
atau online. Semisal menjual produk melalui Alibaba.
Semakin unik
dan kreatif proses pemasaran produk, maka produk yang kita punya akan
semakin mudah dikenal oleh masyarakat dalam negeri maupun luar negeri.
"Saya
punya statement bahwa produk Indonesia harus bisa masuk ke negara
lain," ujar Julio pada konferensi virtual dikutip Jumat(30/7).
Kedua, harus baik dalam berkomunikasi bisnis. Ketiga, pelaku usaha juga harus mengetahui tren pasar luar negeri.
"Sekarang
sudah mudah menggunakan media online untuk mempromosikan agar usaha
kita bisa di kenal di negara lain, dengan cara membuka website
kementerian perdagangan saja, dan bisa terhubung dengan ITPC," ujar
Julio.
Strategi lain yakni sebelum berencana membuka bisnis yang
ingin dikirim ke luar negeri sebaiknya harus merancang produk yang
benar-benar berkualitas.
Selain itu, memiliki situs yang
disesuaikan dengan pasar, maka calon pembeli bisa mengetahui dan
mendapatkan informasi tentang produk yang kita jual.
Sumber : https://m.merdeka.com/uang/intip-strategi-untuk-umkm-lebarkan-sayap-penjualan-ke-mancanegara.html
0 comments:
Post a Comment