Sunday, August 1, 2021

Intip Strategi untuk UMKM Lebarkan Sayap Penjualan ke Mancanegara

 

 Intip Strategi untuk UMKM Lebarkan Sayap Penjualan ke Mancanegara

Pemerintah mencatat ekspor produk UMKM sejauh ini masih rendah. 14 Persen dari total ekspor nasional. Maka dari itu, diperlukan strategi untuk UMKM bisa mendunia.

Founder dari Komunitas Bisa Ekspor, Julio (24), memutuskan menjadi eksportir karena melihat peluang yang besar dan menguntungkan. Dia pun membagikan strategi dan tips agar produk-produk UKM bisa menembus pasar global.

Pertama, ialah mempersiapkan pemasaran mumpuni untuk target pasar luar negeri. Pemasaran produk saat ini semakin mudah karena bisa dilakukan daring atau online. Semisal menjual produk melalui Alibaba.

Semakin unik dan kreatif proses pemasaran produk, maka produk yang kita punya akan semakin mudah dikenal oleh masyarakat dalam negeri maupun luar negeri.

"Saya punya statement bahwa produk Indonesia harus bisa masuk ke negara lain," ujar Julio pada konferensi virtual dikutip Jumat(30/7).

Kedua, harus baik dalam berkomunikasi bisnis. Ketiga, pelaku usaha juga harus mengetahui tren pasar luar negeri.

"Sekarang sudah mudah menggunakan media online untuk mempromosikan agar usaha kita bisa di kenal di negara lain, dengan cara membuka website kementerian perdagangan saja, dan bisa terhubung dengan ITPC," ujar Julio.

Strategi lain yakni sebelum berencana membuka bisnis yang ingin dikirim ke luar negeri sebaiknya harus merancang produk yang benar-benar berkualitas.

Selain itu, memiliki situs yang disesuaikan dengan pasar, maka calon pembeli bisa mengetahui dan mendapatkan informasi tentang produk yang kita jual.

Sumber : https://m.merdeka.com/uang/intip-strategi-untuk-umkm-lebarkan-sayap-penjualan-ke-mancanegara.html

0 comments:

Post a Comment