Wednesday, August 25, 2021

7 UKM di Desa Bermodal Kecil yang Bisa Jadi Ide Bisnis Menguntungkan!

 

7 UKM di Desa Bermodal Kecil yang Bisa Jadi Ide Bisnis Menguntungkan!

Banyak orang yang tinggal di pedesaan mencoba untuk mengadu nasib ke kota-kota besar demi menghasilkan lebih banyak uang.

Sukses itu tidak harus datang ke kota, kok. Nah, jika Anda tertarik memulai usaha di pedesaan sekarang, melansir Gobiz ternyata ada beberapa contoh UKM di desa yang bisa Anda mulai.

Mari simak informasi selengkapnya di bawah ini sekarang!

1. Perkebunan sayur-mayur

Contoh UKM di desa pertama adalah perkebunan sayur-mayur. Ini menjadi salah satu jenis UKM yang cocok di pedesaan karena desa mempunyai lahan yang masih cukup luas dan tergolong subur untuk menanam sayur.

Anda bisa memanfaatkan lahan luas pedesaan atau halaman rumah yang kosong untuk bercocok tanam. Seiring waktu, semakin besar perkebunan sayur-mayur yang Anda miliki, semakin besar pula keuntungan yang akan Anda peroleh.

2. Budidaya ikan

Budidaya ikan juga menjadi salah satu jenis UKM yang mampu membantu perekonomian masyarakat pedesaan. Contoh UKM di desa ini punya prospek baik, khususnya jika pasokan ikan segar di pasar desa masih minim.

Ada dua jenis budidaya ikan yang bisa Anda lakukan, yaitu budidaya ikan hias dan budidaya ikan untuk dikonsumsi. Anda juga perlu menyiapkan beberapa kebutuhan, seperti mempersiapkan kolam yang memadai, bibit ikan yang baik, pakan berkualitas, dan harus mengurus dan memantau ikan secara berkala.

3. Pertamini

Banyak masyarakat di desa yang memiliki kendaraan roda dua maupun roda empat. Daripada pergi jauh ke kota sebelah untuk isi bensin, tentunya ini peluang baik bagi Anda untuk membuka Pertamini di desa.

Memulai usaha pertamini bisa Anda lakukan dengan modal yang disesuaikan dengan lokasi dan peralatan yang ada.

Di samping membantu pendapatan masyarakat pedesaan, usaha ini juga mampu menjadi jembatan karena melancarkan distribusi hasil alam masyarakat desa ke pasar yang ada di wilayah perkotaan.

4. Toko kerajinan tangan

Jika Anda memiliki keahlian dalam bidang kerajinan tangan, tidak ada salahnya membuka bisnis UKM toko kerajinan tangan.

Peluang contoh UKM di desa di desa ini cukup besar mengingat ekspor kerajinan tangan asal Indonesia meningkat sampai 1,35% berdasarkan informasi dari acara INACRAFT tahun 2017.

Kerajinan tangan terbaik dapat diproduksi dari berbagai bahan dasar sumber alam ataupun bahan bekas yang didaur ulang sehingga besarnya modal sangat beragam disesuaikan dengan kemampuan Anda.

5. Warnet

Warnet atau warung internet adalah jenis usaha UKM yang bergerak di bidang jasa karena menyewakan komputer yang terkoneksi dengan jaringan internet.

Salah satu contoh UKM di desa ini membutuhkan modal bervariasi, tergantung dari jumlah unit PC komputer yang Anda gunakan.

Estimasi harga PC komputer per unit adalah Rp4,5 juta, sehingga jumlahnya bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda. Soal keuntungan, tidak perlu diragukan mengingat belum banyak orang di daerah yang mempunyai komputer sendiri.

6. Jasa jahit

Anda yang punya keahlian menjahit bisa membuka usaha jasa jahit. Contoh UKM ini membutuhkan modal usaha yang masih terjangkau, yaitu sekitar Rp5.500.000 yang digunakan untuk membeli satu mesin jahit, kursi, benang, jarum, meteran, dan alat-alat menjahit lainnya.

Biaya mengecilkan celana saja bisa mencapai Rp10.000 – Rp15.000, sehingga keuntungannya diperkirakan akan cukup memuaskan.

7. Bengkel motor/mobil

Seiring bertambahnya jumlah pemilik kendaraan roda dua dan empat yang setiap tahunnya terus meningkat, membuka bisnis UKM bengkel motor/mobil menjadi salah satu yang menjanjikan.

Modalnya bisa mencapai Rp100 juta, tapi bisa ditekan dan disesuaikan dengan kemampuan Anda.

Jika sudah mantap memulai usaha bengkel motor/mobil, Anda perlu menentukan lokasi, modal awal yang diperlukan, merinci biaya peralatan dan operasional, mencari montir yang bisa diandalkan, menyediakan sparepart, dan mengatur strategi promosi.

Jika berjalan lancar, keuntungan yang akan Anda dapatkan cukup stabil dan menjanjikan.

Sumber : https://akurat.co/7-ukm-di-desa-bermodal-kecil-yang-bisa-jadi-ide-bisnis-menguntungkan?page=all

0 comments:

Post a Comment