Thursday, July 15, 2021

Pertemuan Virtual AMKI Dorong Generasi Muda Majukan Koperasi


Jakarta, Beritasatu.com - AMKI (Angkatan Muda Koperasi Indonesia) dan Menteri Koperasi dan UKM RI menggelar pertemuan virtual guna membahas arahan dan harapan bagi generasi muda untuk kemajuan koperasi Indonesia pada Kamis (15/7/2021). Pertemuan virtual tersebut dihadiri Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki dan Deputi Bidang Perkoperasian Komkop UKM Ahmad Zabadi serta Wakil Ketua AMKI dan Ketua KSU Nasari Artha, Ricordias Domini Panggabean.

"Koperasi saat ini harus yang milenial, karena dengan anak-anak muda yang Milenial koperasi bisa maju. Kita harus ada inovasi teknologi dalam skala ekonomi, agregasi serta sesuai target dan standarisasi pasar tujuan, untuk itu kita harapkan anak-anak muda bisa menciptakan lapangan pekerjaan dengan menjadi entrepreneur baru," ujar Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki.

Menurut Teten Masduki, saat ini koperasi harus menjadi agen untuk mengonsolidasi usaha mikro yang tidak masuk dalam skala ekonomi. Dengan terbentuknya koperasi modern yang beranggotakan anak-anak muda atau Milenial, bisa menjadi alternatif pembiayaan bagi usaha mikro. Selain itu pembangunan UMKM dan koperasi harus jadi strategi baru untuk memperbaiki perekonomian nasional.

"Harapan saya agar para pelaku usaha bisa bergabung dengan koperasi," pungkas Teten Masduki.

Sementara itu, Deputi Perkoperasian Ahmad Zabadi menyampaikan apabila KSP harus membentuk holding company dengan model close loop economy.

"Artinya kebutuhan modal disediakan oleh KSP sedangkan kapasitas produksi ditangani oleh koperasi produksi dan pemasarannya oleh koperasi pemasaran. "Cara ini bisa buat anggota yang sebagian besar pelaku usaha mikro dan kecil dapat menerima manfaat serta layanan optimum dari koperasi," kata Ahmad Zabadi.

Lebih lanjut ia menjelaskan kalau baiknya AMKI melakukan model bisnis yang inovatif karena memiliki SDM beragam dan kuat. "Kami dengan sumber daya yang ada siap berkolaborasi," pungkas Ahmad Zabadi

Sedangkan, Wasekum AMKI Aditya Vhisnubrata memberikan dukungan bahwa AMKI menjalin kerjasama dengan NETDATA (PT. Network Data Sistem) untuk mendukung sebuah ekosistem digital bagi UKM melalui platform e-commerce yang dapat membantu mengakses pasar yang lebih luas.

Waketum AMKI 3 Jacob memberikan pendapat bahwa AMKI sebagai pelopor dan penggerak anak-anak muda di dunia koperasi.

Ia siap membawa transformasi dan eskalasi koperasi indonesia agar dapat bersaing dengan entitas lain dan juga AMKI akan aktif menghimpun anak-anak muda Indonesia agar dapat berkontribusi bagi perekonomian Indonesia melalui koperasi.

"Sehingga jumlah koperasi yang sudah banyak di indonesia, dapat lebih memberi manfaat, terutama kepada UMKM agar dapat naik kelas dan bersaing di dunia global," kata Jacob.

Ketua Bidang AMKI Freddy Lay memberikan keterangan bahwa AMKI adalah kumpulan koperasi yang di dalamnya sudah modern teknologi digital yang diisi anak-anak muda milenial.

"Apa yang pak Teten sampaikan kepada kami sudah sangat tepat, dimana kami sudah harus bisa berperan aktif dalam perekonomian nasional dengan memanfaatkan teknology yang ada, agar terwujud skala bisnis yang memungkinkan pebisnis naik kelas," kata Ketua Bidang AMKI Andri Iskandar.

Petrus Sihombing selaku Ketua Bidang Pengembangan Daerah mengapresiasi langkah dari Kemenkop UKM yang terus bersinergi dengan AMKI. Hal ini diperlukan dikarenakan supaya ekonomi indonesia bisa maju sesuai dengan target yang pemerintah tetapkan, dan buat AMKI menjadi bagian untuk memajukan perekonomian pemerintah.

"Harapan saya dengan diadakannya zoom meeting ini, Koperasi AMKI beserta anggota-anggotanya bisa membuat kita lebih kompak lagi serta bisa membuat semua anggota di Group Koperasi AMKI ini bisa berkembang maju lagi di Negara kita ini Indonesia serta mancanegara," pungkas Ricordias.

Sumber : https://www.beritasatu.com/ekonomi/801119/pertemuan-virtual-amki-dorong-generasi-muda-majukan-koperasi 

0 comments:

Post a Comment