Pelatihan Pemasaran Digital UMKM Ditingkatkan Selama Pandemi
Jakarta - Pemerintah DKI Jakarta memperbanyak pelatihan pemasaran dan
literasi digital para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM yang
tergabung dalam wadah pengembangan wirausaha Jakpreneur agar mampu
bertahan selama pandemi COVID-19. “Banyak UMKM kualitasnya bagus namun
kemasan kurang bagus. Ini dianggap sebelah mata masyarakat, ini
tantangan kita,” kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perindustrian,
Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil dan Menengah DKI Jakarta Andri Yansyah
di Jakarta, Rabu, 28 Juli 2021.
Pakar digital melatih pelaku
usaha membuat foto dan video dalam memasarkan produknya misalnya melalui
media sosial. “Pelatihan tentang pemasaran online, angle fotonya
seperti apa dan videonya seperti apa.”
Dinas juga melatih pelaku
UMKM mengenai literasi digital mencermati pesatnya transaksi belanja
daring yang saat ini menjadi budaya saat pandemi COVID-19. “Untuk
meningkatkan kecakapan digital kami banyak bekerja sama dengan
‘e-commerce’, ‘start up’ dan pakar digital untuk memberikan pelatihan
kepada Jakpreneur binaan.”
Pemerintah mencatat dari total sekitar
64,2 juta pelaku UMKM di Tanah Air, baru sekitar 13 persen atau sekitar
8,3 juta di antaranya yang memanfaatkan teknologi digital. Upaya UMKM
perlu terus ditingkatkan apalagi di tengan pandemi COVID-19 yang memberi
dampak signifikan kepada usaha mikro dan kecil.
“Pandemi sangat memukul pelaku usaha mikro dan kecil. Ada dua tantangan terbesar saat ini yakni kualitas dan literasi digital.”
Dengan
kondisi persaingan pasar yang makin ketat itu, maka UMKM khususnya di
DKI Jakarta dituntut untuk bersaing tak hanya dengan pelaku UMKM dalam
negeri tapi juga secara global. “Mutu menjadi aspek yang perlu
dikedepankan untuk dapat bertahan dan berkembang." UMKM harus memberikan
yang terbaik mulai proses produksi, pengemasan dan pemasaran.
Sebanyak
260 ribu pelaku UMKM di Ibu Kota ikut bergabung dalam program
pengembangan kewirausahaan, Jakpreneur. Pelaku usaha yang bergabung
dalam Jakpreneur itu tidak dipungut biaya dalam program pembinaan dan
pengembangan usaha melalui program P7 yang meliputi pembinaan hingga
bantuan pemasaran dan akses permodalan.
Sumber : https://metro.tempo.co/read/1488288/pelatihan-pemasaran-digital-umkm-ditingkatkan-selama-pandemi/full?view=ok
0 comments:
Post a Comment