Wednesday, June 23, 2021

UMKM Perlu Sinergi dengan Pengusaha Besar untuk Transformasi Digital


(Beritadaerah-Nasional) Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) berkolaborasi dengan Yayasan Dharma Bakti Astra (YDBA) untuk meningkatkan inovasi teknologi pada pelaku UMKM agar bisa masuk ke rantai pasok.

“Para pelaku usaha mikro ini jika harus bersaing dengan usaha skala industri akan kalah kualitasnya. Oleh karena itu, daya saing dan kapasitasnya harus kita perkuat dan kita hubungkan ke dalam rantai pasok. Saya mengajak Astra dan YDBA bersama-sama membuat perencanaan, untuk memperkuat UMKM agar masuk ke dalam rantai pasok, seperti ke otomotif, manufaktur, industri makanan dan furniture,” jelas Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki seperti dikutip dari situs Kemenkop UKM.

Ia menambahkan, dalam UU Cipta Kerja, pemerintah sudah membuat ekosistemnya dimana pengusaha besar diwajibkan bermitra dengan UMKM dan dapat diberikan stimulus.

Menkop UKM juga mengajak YDBA untuk membantu meningkatkan transformasi digital UMKM. Pemerintah tidak dapat melakukannya sendiri. Perlu ada koordinasi, kerjasama, dan sinergi dengan pihak berbagai pihak.

Sumber : https://www.beritadaerah.co.id/2021/06/24/umkm-perlu-sinergi-dengan-pengusaha-besar-untuk-transformasi-digital/

0 comments:

Post a Comment