Wednesday, June 2, 2021

UKM Indonesia Promosikan Keunggulan di Shandong, Tiongkok


 Shandong: Indonesia melalui KBRI Beijing sukses berpartisipasi dalam acara "ASEAN-China (Shandong) SME Conference for Cooperation and Development”. Promosi Usaha Kecil Menegah (UKM) ini diselenggarakan atas kerja sama Pemerintah Provinsi Shandong dengan ASEAN-China Centre (ACC).


Delegasi Indonesia dipimpin oleh Dubes RI Beijing, Djauhari Oratmangun. Konferensi juga dihadiri oleh Dubes Laos, Dubes Kamboja, Dubes Malaysia, Sekretaris-Jenderal ACC, Wakil Sekretaris-Jenderal Komunitas Ekonomi ASEAN, perwakilan dari Filipina, Thailand, dan Vietnam serta pejabat tinggi Pemprov Shandong, kalangan pengusaha Tiongkok dan negara-negara ASEAN termasuk Indonesia secara daring maupun luring.

Rangkaian konferensi yang dimulai 28 Mei, meliputi sesi promosi Toko Tani Indonesia (TTI), seminar, pameran foto, dan business matching dengan peserta daring dan luring berjumlah sekitar 300 orang. Sejumlah pengusaha Indonesia turut berpartisipasi secara daring dalam business matching yang dibagi dalam sektor pendidikan, pariwisata, mesin, makanan, serta perdagangan dan investasi.

PT. Jababeka juga turut berpartisipasi secara langsung dan bertemu dengan mitra-mitra pengusaha Tiongkok.

“Perkembangan dan potensi kerja sama ekonomi Indonesia-Tiongkok khususnya di sektor UKM. Sangat penting peningkatan kerja sama digitalisasi UKM untuk mendorong percepatan pemulihan ekonomi global di masa maupun pasca pandemi,” ujar Dubes Djauhari saat pembukaan acara, dalam keterangan tertulis KBRI Beijing, yang diterima Medcom, Kamis 3 Juni 2021.

Dalam sesi promosi TTI, Atase Perdagangan KBRI Beijing memaparkan lebih lanjut potensi peningkatan kerja sama kedua negara khususnya di bidang ekonomi.

ASEAN merupakan mitra dagang terbesar Provinsi Shandong. Pada tahun 2020, impor dan ekspor Provinsi Shandong ke ASEAN mencapai nilai RMB 30,68 miliar (USD 4.79 miliar), meningkat 24,4 persen, atau menyumbang 13,7 persen dari total nilai ekspor dan impor provinsi Shandong pada 2020.

Kerja sama Provinsi Shandong dengan Indonesia telah dimulai sejak tahun 2002 pada saat kunjungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur ke Shandong.

Dalam kesempatan tersebut, Delegasi ASEAN kemudian mengunjungi ASEAN International Eco-City Exhibition Centre yang berada di Qihe County, Kota Dezhou, Provinsi Shandong. Pemerintah Kota Dezhou berharap kerja sama dengan ASEAN dapat membuka kesempatan lebih besar untuk pasar ASEAN di wilayah timur Tiongkok dan sebaliknya.

Sumber : https://www.medcom.id/internasional/asean/Rb1zX4Xk-ukm-indonesia-promosikan-keunggulan-di-shandong-tiongkok

0 comments:

Post a Comment