Sunday, June 20, 2021

Perdana, Produk Tempe UKM Diekspor Ke Jepang


 JAKARTA, suaramerdeka.com - Produk tempe hasil olahan pelaku usaha UKM diekspor ke Jepang sehingga makanan tradisional asli Indonesia ini semakin mendunia.


Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengaku bangga atas ekspor produk tempe hasil olahan pelaku usaha UKM ke Jepang.

“Ekspor perdana produk tempe Indonesia ke Jepang di tengah pandemi Covid-19 sangat membanggakan. Ini menunjukkan makanan asli Indonesia semakin mendunia dan membuktikan ekspor Indonesia terus melaju di tengah pandemi. Selain itu, kini Indonesia telah menghasilkan diversifikasi produk yang bisa menjadi pilihan para buyer mancanegara,”jelasnya, baru-baru ini, dilansir dari laman Kementerian Perdagangan.

Eksportir PT Arumia Kharisma Indonesia (PT Arumia) dengan pelaku usaha kecil menengah (UKM) Rumah Tempe Azaki melakukan ekspor perdana produk tempe sebesar 4,8 ton senilai USD 13.000 ke Negeri Sakura Jepang.

Mendag juga mengapresiasi kolaborasi perusahaan dengan para pelaku UKM. “Kolaborasi yang dilakukan PT Arumia dengan Rumah Tempe Azaki menjadi salah satu contoh yang baik untuk bersama-sama maju dan meningkatkan kinerja perdagangan Indonesia,”katanya.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Didi Sumedi menambahkan produk tempe dikemas dalam kemasan 450 gram.

Eksportir Indonesia sudah menyesuaikan bentuk, ukuran, resep pengolahan, dan kemasan sesuai dengan yang diinginkan oleh pasar Jepang.

"Produk ini nantinya akan diimpor oleh salah satu chain wholesale supermarket terbesar di Jepang yang memiliki 800 gerai di seluruh Jepang,”ujar Didi.

Didi menambahkan, meskipun merupakan negara produsen bahan makanan, Jepang juga banyak melakukan impor bahan pangan.

"Sebesar 60 persen konsumsi pangan Jepang merupakan produk impor sehingga saat tempe didaulat menjadi superfood asli Indonesia, konsumsi tempe pun mulai tumbuh di negara-negara maju termasuk Jepang," ujarnya.

Sumber : https://www.suaramerdeka.com/ekonomi/pr-04421136/perdana-produk-tempe-ukm-diekspor-ke-jepang?page=all

0 comments:

Post a Comment