Sunday, June 20, 2021

Kominfo Targetkan 10 Ribu Warga Makassar jadi Talenta Digital


 AKURAT.CO, Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Pemerintah Kota Makassar berencana melatih 10 ribu masyarakat Makassar dan sekitarnya menjadi talenta digital. Warga tersebut dilatih untuk bisa menguasai bidang teknologi komunikasi serta kewirausahaan digital.


Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kementerian Kominfo, Hary Budiarto menyatakan bersama Pemkot Makassar pihaknya akan memberikan pelatihan bidang teknologi informasi dan komunikasi serta kewirausahaan digital melalui Program Digial Talent Scholarship (DTS) 2021.

“Melalui program Digital Talent Scholarship (DTS) 2021 kita targetkan untuk melatih masyarakat menjadi talenta digital. Program untuk bulan Juni sampai Desember 2021 dengan target 50 ribu talenta digital untuk lima kota. Salah satunya adalah Makassar dan sekitarnya,” ujar Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Kementerian Kominfo, Hary Budiarto dalam keterangan tertulisnya, Minggu (20/06/2021).

Penyelenggaraan pelatihan dengan target itu, lanjut Hary, telah didukung oleh pemerintah daerah. Menurutnya, Pemerintah ingin memberdayakan pelaku UMKM tidak hanya dalam skala lokal atau nasional, tetapi internasional.

“Ada komitmen pemerintah daerah provinsi dan pemerintah kota untuk memberdayakan UMKM tidak hanya dalam skala lokal, tapi internasional. Kenapa 10 ribu talenta digital di Sulawesi Selatan, khususnya Makassar, karena selain pelatihan SDM itu juga pencanangan dari Walikota Makassar untuk mencetak 10 ribu wirausaha digital,” ucapnya.

Hary Budiarto juga mengatakan, bahwa Pemerintah Kota Makassar juga menargetkan pelaku UMKM untuk memasuki dunia digital.

“Dari Pemkot Makassar juga ada program untuk mendorong pelaku UMKM menggunakan platform digital. Jadi kami akan kolaborasi untuk menjadi bagian dalam mencetak wirausaha digital,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Program DTS dirancang untuk menciptakan ekosistem seimbang dalam memaksimalkan peran pentahelix.

Sumber : https://akurat.co/kominfo-targetkan-10-ribu-warga-makassar-jadi-talenta-digital

0 comments:

Post a Comment