Monday, April 5, 2021

Menparekraf Pastikan Pelaku Ekonomi Kreatif Dapat Jatah Stimulus Rp 400 Miliar, Ini Progresnya

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (menparekraf) Sandiaga Uno mengajak GMNI berkolaborasi dengan pemerintah untuk mengawal agenda pembangunan Indonesia, khususnya mengembangkan bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memastikan stimulus Rp 400 miliar bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) juga ditujukan bagi pelaku ekonomi kreatif.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Koperasi dan UKM untuk melakukan pendataan para pelaku ekonomi kreatif.

"Stimulus Rp 400 miliar kami berkoordinasi sebagai dari itu akan juga menyasar sektor ekonomi kreatif karena merupakan bagian dari gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI)," kata Menparekraf saat press briefing, Senin (5/4/2021).

Selain itu, Menteri Sandiaga berharap adanya insentif bantuan ongkos kirim yang memberatkan bagi pelaku UMKM di daerah.

"Sekarang sedang difinalisasi oleh Menperin dan Mendag agar harapan ongkir yang selama ini jadi beban bisa diselesaikan," tukasnya.

Pihaknya juga telah berbicara dengan BUMN logistik PT Pos Indonesia (Persero) untuk mengeksekusi insentif kepada pelaku UMKM bidang ekonomi kreatif.

Diharapkan wacana ini bisa selesai dalam waktu dekat, utamanya pengirim parcel menyambut momentum ramadan dan lebaran 2021.

Diketahui, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa pemerintah akan menggelontorkan berbagai stimulus Rp400 miliar bagi UMKM guna mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

"Laporan yang saya dapat demand terus naik, juga nanti stimulus Rp 400 miliar (untuk UMKM) itu tanggal 20 bulan ini (April 2021) akan diluncurkan," kata Menko Luhut saat Pembukaan UKM Jabar Paten secara virtual, Sabtu (3/4/2021).

Tidak hanya untuk UMKM, pemerintah juga akan memberikan stimulus Rp 2 triliun bagi sektor pariwisata pada Juni ini.

"Juni-Juli akan diluncurkan Rp 2 triliun untuk (program) Bangga Wisata Indonesia. Saya pikir langkah-langkah pemerintah yang betul-betul sangat pro-aktif untuk membangun ekonomi kita lebih kuat," kata dia.


sumber : https://m.tribunnews.com/bisnis/2021/04/05/menparekraf-pastikan-pelaku-ekonomi-kreatif-dapat-jatah-stimulus-rp-400-miliar-ini-progresnya

0 comments:

Post a Comment