Tuesday, April 20, 2021

Berkat Dukungan Pertamina, UKM Wire Jewelry Tewetewe Art Tembus Pasar Asia


Mohamad Fathi, pemilik UKM (Usaha Kecil Menengah) Tewetewe Art, telah merasakan banyak perubahan pada usahanya setelah bergabung menjadi mitra binaan Pertamina tahun 2013 lalu.


Ia banyak melakukan transformasi terutama dalam hal pemasaran produk untuk dapat menembus pasar Asia. Tewetewe Art sendiri merupakan usaha yang bergerak dibidang wire jewelry.

Belajar otodidak, Fathi memproduksi liontin, kalung, gelang, bross, dan aneka aksesoris lain yang terbuat dari kawat tembaga, dan dipadukan dengan batu alam.

“Awalnya jadi reseller produk orang. Namun karena tempat kulakan yang jauh, akhirnya belajar otodidak untuk buat produk dari bahan yang berbeda,” tuturnya.

Setelah bergabung menjadi mitra binaan, Fathi mengatakan UKM seperti usahanya mendapatkan pendampingan intensif dari Pertamina agar dapat naik kelas dan berinovasi.

Selain pelatihan pemasaran digital, Fathi menjelaskan Pertamina turut membantu memperkenalkan produknya ke lingkup nasional hingga internasional.

“Pengetahuan pemasaran digital maupun keikutsertaan dalam pameran-pameran lingkup nasional yang diberikan Pertamina sangat mendukung kemajuan usaha saya. Sebelum bergabung jadi mitra binaan Pertamina, saya hanya mengikuti pameran berskala kecil di daerah,” ujarnya.

Peluang pasar yang masih potensial membuat usahanya pun ikut berkembang. Hal ini terlihat dari jumlah pekerja yang kian bertambah. Di mana sebelumnya hanya dikerjakan berdua dengan sang istri, kini terdapat 4 orang karyawan yang turut membantu bisnisnya. Omzet bersih yang dikantongi Fathi tiap bulannya bisa mencapai lebih dari Rp 10 juta.

Lebih lanjut Fathi mengatakan, pencapaian tersebut tidak terlepas dari pemasaran yang cukup gencar dilakukan. Untuk media sosial sendiri, ia banyak memposting katalog produknya pada Instagram @teweteweartjewelry.

Sedangkan untuk pemasaran, selain mencakup seluruh wilayah Indonesia, Fathi pernah memasarkan produknya hingga ke China, Kamboja, Malaysia, Jepang, dan Taiwan.

Melalui program kemitraan, Unit Manager Communication, Relations & CSR Pemasaran Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan, terus mendukung pengembangan produk-produk UKM seperti yang dilakukan Fathi melalui usaha Tewetewe Art.

Menurutnya jika UKM dapat naik kelas, maka diharapkan dapat menimbulkan multiplier effect yaitu terciptanya lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi.

“Program kemitraan Pertamina bertujuan untuk menggerakan ekonomi masyarakat melalui pembinaan usaha kecil dan mikro, agar dapat berkembang dan mandiri. Selain itu Pertamina juga bertujuan untuk terus mengimplementasikan poin 8 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Susainable Development Goals, yaitu pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi,” jelas Eko.

Adapun syarat untuk dapat bergabung menjadi mita binaan Pertamina dapat di cek pada https://www.pertamina.com/id/program-kemitraan.

sumber : https://wartakota.tribunnews.com/2021/04/20/berkat-dukungan-pertamina-ukm-wire-jewelry-tewetewe-art-tembus-pasar-asia

0 comments:

Post a Comment