Sunday, April 4, 2021

Begini Cara UMKM Naik Kelas, Produk Bisa Bersaing dengan Asing

UMKM (Foto: Okezone)

Bank Indonesia (BI) mendorong usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal naik kelas, menguasai pangsa pasar Indonesia yang masih terbuka lebar. Inovasi dan peningkatan kualitas produk penting dilakukan pelaku usaha agar bisa bersaing dengan produk asing.

"Kami Bank Indoensia terus mendorong agar UMKM Indonesia naik kelas ke taraf internasional," kata Deputi Gubernur Bank Indonesia Rosmaya Hadi, Minggu (4/4/2021).

Menurut dia, Bank Indonesia menggerakan sebanyak 46 kantor perwakilan di seluruh Indonesia, agar terlibat pada event yang menggerakkan ekonomi. Memfasilitasi para pelaku UMKM agar bisa mempromosikan dan memasarkan produksinya, baik di pasar lokal dan internasional.

Event Gernas BBI dan BWI 2021 yang dipusatkan di Bandung, Jawa Barat mulai 2 hingga 4 April 2021 adalah upaya konkret Bank Indonesia mendorong pelaku UMKM survive di tengah pandemi. Total ada 15.000 pelaku UMKM yang terlibat pada event ini. Targetnya, membidik lebih dari 21 juta pembeli.

Sebelumnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menekankan pentingnya membeli produk UMKM lokal. Dia meminta kepada seluruh warga Jabar untuk dapat mengunggah satu produk UMKM di akun media sosial setiap harinya selama Kampanye Gernas BBI di wilayah Jabar sepanjang April 2021.

"Tolong bantu posting satu produk UMKM per harinya selama satu bulan ini di medsos seperti IG (Instagram) sebagai bentuk dukungan kita dalam Kampanye Gernas BBI di Jabar," ucap Gubernur.


sumber : https://economy.okezone.com/read/2021/04/04/455/2389048/begini-cara-umkm-naik-kelas-produk-bisa-bersaing-dengan-asing?page=2 

0 comments:

Post a Comment