Tuesday, March 23, 2021

Shopee Targetkan 500.000 UKM Eksportir Hingga 2030

UMKM go online.

Shopee Indonesia fokus mendorong keberlangsungan UMKM di Indonesia, salah satunya ialah Program Ekspor Shopee yang mendukung para pelaku UMKM binaan untuk Go-Global.

Program ini diperkuat dengan hadirnya berbagai pelatihan dan pendampingan kepada pelaku usaha lokal mengenai penerapan literasi digital, serta pemahaman akan peluang besar untuk melakukan bisnis secara online dengan dukungan dari Shopee Indonesia.

Radityo Triatmojo, Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintahan Shopee Indonesia mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk turut serta mendorong perputaran roda ekonomi Indonesia.

Salah satunya dengan fokus menghadirkan program inovatif yang tidak hanya untuk akses berbelanja online masyarakat Indonesia, tetapi juga untuk mendukung penuh keberlangsungan para pelaku UMKM binaan, salah satunya melalui program ekspor.

“Para UMKM binaan kami diedukasi, dilatih, dan didampingi secara bertahap untuk dapat melakukan ekspor ke luar Indonesia, khususnya ke negara-negara Shopee beroperasi. Lebih dari itu, guna menjangkau potensi UMKM secara luas, kami juga mendukung program Sekolah Ekspor untuk mewujudkan terciptanya 500.000 Eksportir hingga tahun 2030 nantinya,” tuturnya.

Dalam rangka mendukung ekspor Indonesia, Shopee memberikan serangkaian program yang dimulai dari awal hingga tahap lanjutan untuk Penjual Ekspor melalui Pelatihan Program Ekspor Shopee, khususnya yang dilakukan secara online.

Radityo mengatakan untuk terus mendukung keberlangsungan dari Program Ekspor untuk para penjual, pihaknya juga senantiasa berinovasi melalui kontribusi ke beberapa bentuk dukungan seperti melakukan program sekolah ekspor lansiran Asosiasi pemerintahan gabungan antara Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) dengan Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (SMESCO).

“Program Sekolah Ekspor ini memiliki visi untuk menjangkau potensi UMKM yang lebih luas dengan mewujudkan 500.000 Eksportir di tahun 2030,” ujarnya.

Kedua, menjalin kerjasama dengan Bank Indonesia untuk mendukung UMKM binaannya yang akan diberikan edukasi dan pelatihan ekspor guna dapat secara efektif onboard di Shopee Indonesia.

Ketiga, mendukung keberlangsungan bisnis para UMKM binaan dengan keikutsertaan dalam berbagai kampanye-kampanye tematik Shopee, seperti salah satunya adalah kampanye Shopee 4.4 Mega Shopping Day yang sedang berlangsung saat ini dengan berbagai rangkaian penawaran terbaik untuk para pengguna.

“Harapan kedepannya melalui Pelatihan Program Ekspor ini, para pelaku UMKM binaan kami maupun publik dapat melakukan ekspor secara efektif untuk mencakup jangkauan yang lebih luas guna mendukung keberlangsungan bisnisnya bersama Shopee,” tutup Radityo.


sumber : https://entrepreneur.bisnis.com/read/20210323/52/1371132/shopee-targetkan-500000-ukm-eksportir-hingga-2030
 

0 comments:

Post a Comment