Sunday, March 21, 2021

Sempat Tutup Toko, Belle Fashion Kini Sukses Jadi Eksportir

Label lokal Belle Fashion sudah merambah industri fashion di berbagai negara. Foto/Istimewa
Penjualan produk fashion untuk ekspor kini semakin mudah dengan bantaun e-commerce. Label fashion lokal seperti Belle Fashion pun sudah merambah industri fashion di berbagai negara.

Shopee berkolaborasi dengan Sekolah Ekspor, asosiasi gabungan antara Kamar Dagang dan Industri Indonesia serta Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (SMESCO), mewujudkan 500.000 eksportir hingga tahun 2030. Program dimulai awal Maret 2021 yang juga didukung Kementerian Koperasi dan UKM beserta Kementerian Perdagangan (Kemendag).

Berdasarkan data Kemendag, saat ini di Indonesia terdapat 13.177 UKM eksportir, yang mewakili 90% dari eksportir nasional pada periode Januari-September 2020. Salah satu eksportir yang mengikuti program ini adalah Belle Fashion.

Kakak beradik pendiri Belle Fashion, Andre Teddy Oktavianus dan Abdilah Nilam, bercerita, mereka memulai bisnis 16 tahun lalu dengan menjual produk secara offline. Setelah bertahun-tahun, akhirnya Belle Fashion memiliki kesempatan untuk menjual produk di toko pada 2014.

Namun sayang, setelah dua tahun berjalan, Belle Fashion harus menutup toko yang berada di Tanah Abang, Jakarta Pusat. Untuk terus memenuhi kebutuhan hidup, Andre dan Abdilah akhirnya memilih menjual produk secara online bersama Shopee sejak 2017.

“Kami mendengar dari beberapa teman yang mengatakan bahwa saat itu masyarakat mulai mencari produk-produk fashion lewat Shopee,” ujar Andre dalam konferensi pers virtual belum lama ini.

Di Shopee, Belle Fashion menjual berbagai produk pakaian perempuan seperti kaus, kemeja, outerwear, dan rok. Di tengah pandemi yang menjadi tantangan bagi semua orang, label ini tetap memfokuskan penjualan dan pemasarannya di Shopee.

“Di masa pandemi ini penjualan kami justru meningkat dua kali lipat dibandingkan sebelumnya,” ujar Andre.

Dengan bergabung di Shopee, Andre dan Abdilah merasakan dampak yang signifikan untuk Belle Fashion. Jika sebelumnya label ini hanya fokus pada penjualan offline sehingga hanya dapat menjangkau konsumen di daerah perkotaan, lewat platform e-commerce mereka mampu meraih konsumen yang berasal dari kabupaten dan kota terpencil di Indonesia.

Tidak hanya itu, label fashion ini juga mengikuti program ekspor Shopee yang membuka kesempatan untuk bisa go international. “Kini kami turut mendapatkan tambahan penghasilan dari pengalaman ekspor pertama bersama Shopee. Setelah bergabung selama 2 tahun, saya sudah diajak untuk ikut program ekspor,” ujar Andre.

Belle Fashion mendapat kesempatan untuk mengikuti program ekspor sebagai salah satu toko yang masuk ke batch pertama program di tahun 2019.



sumber : https://lifestyle.sindonews.com/read/371568/186/sempat-tutup-toko-belle-fashion-kini-sukses-jadi-eksportir-1616313832/10
 

0 comments:

Post a Comment