Tuesday, February 23, 2021

Platform Goorita Targetkan 5.000 UMKM Rambah Pasar Global

Founder Goorita, Yuwono Wicaksono. (Foto: Istimewa)

Sejalan dengan program pemerintah dan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pengembangan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), platform digital Goorita memberikan solusi dan kemudahan bagi UMKM untuk merambah pasar internasional.

"Goorita merupakan platform one stop solution UMKM Indonesia untuk going international, dimana kami menjembatani permasalahan yang sering dihadapi oleh para UMKM dalam melakukan ekspor produk lokal ke mancanegara, diantaranya proses pemasaran hingga pengiriman barang ke luar negeri,” kata founder Goorita, Yuwono Wicaksono, di Jakarta, Rabu (24/2/2021).

Pria yang akbrab disapa Sony ini mengungkapkan, pihaknya melihat produk Indonesia memiliki peluang dan market yang potensial di pasar global, khususnya Amerika dan Eropa. "Selain itu, minimnya pemahaman ekspor menjadi kendala sebagian besar pelaku UMKM di tanah air untuk memasarkan produk ke pasar global,” ungkapnya.

Menurut Sony, Goorita membantu UMKM tanah air mulai dari pemasaran hingga pengiriman produk sampai tujuan melalui tiga layanan yaitu, marketplace, fullfillment dan logistics.

"Untuk marketplace, Goorita terkoneksi dengan beberapa marketplace internasional seperti eBay dan Amazon sehingga memudahkan UMKM dalam memasarkan dan mengelola toko online mereka, mulai dari pembuatan toko online, listing produk, manajemen stok, proses pesanan, pengiriman barang, monitoring pengiriman hingga pembayaran, semuanya dapat dilakukan melalui satu platform Goorita," jelasnya.

Sementara, lanjut Sony, layanan fullfillment ditujukan untuk membantu pelaku UMKM Indonesia yang sudah memiliki toko dan pembeli dari luar negeri dengan cara memudahkan proses operasional dan logistik yang umumnya sangat menyita waktu dan tenaga.

"Mulai dari penyimpanan produk di gudang, manajemen stok barang, proses pesanan dari marketplace terintegrasi, packing hingga pengiriman sampai ke tangan pembeli semua dilakukan oleh Goorita melalui layanan ini," imbuhnya.

Sedangkan untuk layanan logistics, tambah Sony, Goorita telah bekerja sama dengan perusahaan logistik internasional dan domestik dalam pengiriman barang. Melalui layanan ini, UMKM dapat mengirimkan barang dengan tarif pengiriman internasional yang bersahabat. Dengan menekan biaya pengiriman internasional, otomatis harga jual produk lokal di luar negeri bisa menjadi semakin kompetitif.

"Layanan logistik ini juga dapat dengan mudah diakses melalui platform Goorita yang sudah dilengkapi dengan kalkulasi otomatis shipping rate dengan pilihan layanan pengiriman tercepat atau termurah yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing UMKM," tandasnya.

Sony menambahkan, selain pemasaran online, Goorita juga membantu pemasaran produk secara offline yang dipasarkan offline store setempat dan komunitas diaspora Indonesia di berbagai negara.

"Kami juga membantu memasarkan produk UMKM secara offline baik melalui offline store dan juga komunitas diaspora di berbagai negara. Saat ini, kami telah membantu kurang lebih 270 pelaku UMKM untuk memasarkan produk mereka ke luar negeri dengan total kiriman mencapai 10 ton. Tahun ini, kami menargetkan 5.000 pelaku UMKM bergabung dengan Goorita," pungkas Sony.


sumber : https://www.beritasatu.com/digital/737657/platform-goorita-targetkan-5000-umkm-rambah-pasar-global

0 comments:

Post a Comment