Thursday, February 18, 2021

Membangun UMKM Melalui Ekonomi Keummatan di Masa Pandemi

Foto: istimewa

Barisan Pemuda Masjid dan Musolah (Basmalah) menggelar workshop dan webinar UMKM yang berjudul 'Membangun UMKM Melalui Ekonomi Keummatan di Masa Pandemi'. Workshop ini diharapkan bisa mendukung ekonomi keummatan dengan menjadi penggerak roda perekonomian dimasa pandemi.

"Pertumbuhan ekonomi Ibu Kota kita saat ini merupakan yang terendah sejak 10 tahun terakhir, yaitu dengan menyentuh angka hingga -5,06 persen. Berbagai sektor usaha di Jakarta anjlok di kuartal II ini. Antara lain, sektor perdagangan turun hingga -4,6 persen, pendidikan turun -4,4 persen, sektor listrik dan gas turun hingga -16.2 persen serta industri olahan turun hingga -3,2 persen" tutur koordinator Basmalah DKI Jakarta Abdul Aziz dalam keterangannya, Kamis (18/2/2021).

Dalam acara itu turut hadir juga Ketua PWNU DKI Jakarta KH Syamsul Maarif dan Anggota DPR RI Komisi VI Fraksi PKB Tommy Kurniawan.

Syamsul Maarif mengatakan bahwa bicara ekonomi keumatan pasti bersentuhan ekonomi syariah, yang mana masih terasa asing dikalangan pelaku usaha. Hal ini memacu adanya penurunan pelaku UMKM di DKI Jakarta.

"Orang mangatakan ekonomi syariah, ibarat bus banyak tapi penumpangnya sedikit. lembaganya banyak tapi pelaku usaha sedikit karena sedikit yang mengerti," ujarnya.

Sementara itu Tommy Kurniawan juga menyampaikan bahwa banyak akses permodalan dari lembaga pemerintah yang bisa membantu pelaku usaha untuk mendapatkan bantuan usaha. Tommy juga siap mendampingi para pelaku UMKM dalam hal pengembangan ekonomi pasar.

Selain itu Tommy menyerukan kepada masyarakat untuk sama-sama beli nasi di warteg. Menurutnya pengusaha warteg selama pandemi ini sudah banyak yang mengalami kebangkrutan.



sumber : https://news.detik.com/berita/d-5385041/membangun-umkm-melalui-ekonomi-keummatan-di-masa-pandemi

0 comments:

Post a Comment