Wednesday, February 17, 2021

Dukung UKM Food & Beverages, Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah Adakan UVO

Pelaksanaan kegiatan UKM Virtual Expo (UVO) tahun 2021 session 1 yang dilaksanakan pada 16 Februari hingga 18 Februari 2021 mendatang, dengan mengusung tema “Wonderfood UKM, Kudu Setrong-Say No To Nglokro”, berfokus pada UKM bidang usaha food & beverages.
Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah di awal tahun 2021 ini kembali menyelenggarakan UKM Virtual Expo (UVO).

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah, Ema Rachmawati menuturkan dalam pelaksanaan UVO di tahun 2021 ini, didukung penuh oleh Bank Jateng.

“Dengan mempertimbangkan animo pasar nasional maupun internasional serta memperhatikan bahwa permasalahan utama yang dihadapi UKM pada masa pandemi sampai dengan saat ini adalah pemasaran, kami pun bersama dengan Bank Jateng rencananya akan melangsungkan kegiatan UVO tahun 2021 ini setiap dua bulan sekali, dengan fokus UKM yang berbeda pada setiap sesinya,” ujar Ema kepada Tribun Jateng, Rabu, (17/2/2021).

Dijelaskannya, kegiatan UVO tahun 2021 session 1 ini dilaksanakan pada 16 Februari hingga 18 Februari 2021 mendatang, dengan mengusung tema “Wonderfood UKM, Kudu Setrong-Say No To Nglokro”, yang berfokus pada UKM bidang usaha food & beverages.

Pelaksanaan kegiatan UVO kali ini, diikuti sekira 150 UKM food & beverages se-Jawa Tengah, dan juga ditambah dengan UKM yg sudah tergabung dalam UVO 2020, sehingga menjadi 325 UKM.

Sementara itu, untuk produk yang ditawarkan dalam UVO kali ini, dikatakan Ema sekira lebih dari 3.000 produk.

“Kerjasama dengan Bank Jateng ini akan dibantu oleh Bimart atau e-commerce untuk UKM yang digagas oleh Bank Jateng. Harapannya semoga hal ini dapat berjalan dengan sukses, kami yakin bahwa produk makanan Jawa Tengah sangat diminati. Adapun target kami juga untuk mengenalkan produk makanan dan minuman di Jawa Tengah yang banyak ragamnya kepada khalayak,” imbuhnya.

Adapun selain expo virtual, kegiatan lainnya yang disuguhkan bagi pengunjung UVO tahun 2021 ini, diantaranya seperti Ngobrol Gayeng dengan tema kemudahan ekspor bagi UKM makanan dan minuman serta soft launching e-commerce Jateng Bimart dengan narasumber Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Kepala OJK Regional 3 Jawa Tengah dan DIY, Aman Santosa, Direktur Utama Bank Jateng, Supriyatno, Kepala Bank Indonesia Jawa Tengah, Pribadi Santoso, Kepala Kanwil Bea Cukai Jawa Tengah, Padmoyo Tri Wikanto.

Selain itu, kegiatan Ala Chef yakni tutorial plating atau kreasi tumpeng dan curving buah bersama Ketua TP-PKK Provinsi Jateng dan Indonesia Chef Assosiation (ICA), talk show dengan tema “Peluang pasar serta prosedur ekspor bagi UKM makanan & minuman”, success story dari UKM makanan dan minuman yang telah bergelut di pasar ekspor (Yuasa Food & Kopwan Srikandi), bincang bisnis bersama Merry Riana (Motivator Nasional) dan UKM Abon Koki.

Turut hadir bintang tamu dalam kegiatan UVO 2021 diantaranya Cak Lontong, Hepi Asmara, Merry Riana, dan Pagi Boeta Band.

Sementara itu, Ema menuturkan pada pelaksanaan UVO tahun 2020 session 1 dan session 2 yang telah berjalan sukses, meraih omzet hingga 31 Desember 2020 sebesar Rp 4.434.304.445,00. Dengan jangkauan pemasaran hampir ke seluruh Indonesia, bahkan hingga ke luar negeri seperti Jepang, Singapura, Malaysia, Qatar, Hongkong, Macau, Belanda, Irak, Australia, Turki dan India, dengan jumlah viewers atau pengunjung sebanyak 20.678.

“Untuk pelaksanaan UVO 2021 besok Kamis, (18/2/2021) akan diadakan kegiatan Ala Chef ngobrol kreasi makanan di era pandemi, berupa tutorial plating atau kreasi tumpeng dan curving buah bersama Ketua TP-PKK Provinsi Jateng dan Indonesia Chef Assosiation (ICA), yang akan dilangsungkan pada pukul 10.00-12.00 WIB,” terangnya.


sumber : https://jateng.tribunnews.com/2021/02/18/dukung-ukm-food-beverages-dinas-koperasi-dan-umkm-jawa-tengah-adakan-uvo
 

0 comments:

Post a Comment