Sunday, February 28, 2021

Dekranasda dan Diskop UKM Provinsi Sinergi Sukseskan Program Warkop UKM

Sekretaris II Dekranas Provinsi Kalbar

Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat bersama Dinas Koperasi UKM Provinsi Kalbar sinergi untuk mensukseskan program Warkop UKM.

Hilfira Hamid selaku Sekretaris II Dekranas Provinsi menjelaskan bahwa Dekranasda bersama Diskop UKM Provinsi Kalbar akan bersinergi dalam melakukan pembinaan terhadap para pengrajin di Kalbar.

“Kalau untuk Koperasi lebih banyak ke kuliner tapi kalau untuk Dekranasda lebih kepada kerajinan dalam bentuk produk baik itu tekstil atau tenun anyaman,” ujarnya kepada Tribun Pontianak kemarin.

Selain itu yang akan dikembangkan adalah hasil bumi khas dari beberapa daerah seperti Kabupaten Ketapang berupa batu kecubung, Kota Singkawang ada keramik, dan tentunya disetiap daerah punya khasnya masing-masing.

Dalam hal ini Dekranasda hadir memberikan pembinaan dan membantu promosi produk baik dari sisi desain bekerjasama dengan pusat.

“Jadi nantinya kalau perlu diperbaiki kita lakukan pelatihan,” ucapnya.

Dekranasda juga bersinergi dalam mensukseskan program prioritas Diskop UKM Provinsi yakni pengembangan Warung UMKM.

Dekranasda nantinya akan membantu melakukan pembinaan.

Lalu hasil dari binaan tersebut akan dipajang di Warung tersebut untuk dipromosikan.

“Di kabupaten kota tentu memerlukan juga wadah untuk mempromosikan produk. Jadi salah satunya bisa melalui warung UMKM. Kita juga selain sinergi dengan Dinas Koperasi UKM juga kerjsama dengan Disperindag dan Disporapar,” jelasnya.

Dikatakannya dengan adanya Warung UMKM ini tentu bisa menjadi wadah untuk menampilkan produk hasil pengrajin yang ada di Kalbar.

“Jadi khususnya dalam hal ini kita di Dekranasda siap sebagai wadah dan menjembatani serta merekrut pengrajin dari daerah,” pungkasnya.


sumber : https://pontianak.tribunnews.com/2021/02/28/dekranasda-dan-diskop-ukm-provinsi-sinergi-sukseskan-program-warkop-ukm

0 comments:

Post a Comment