Tuesday, January 26, 2021

Pulihkan Sektor Pariwisata di Masa Pandemi, Ini yang Dilakukan Disbudpora Kapuas

Petugas Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Kapuas saat mengunjungi mitra kepariwistaaan, UKM Adil Home Shopping, di Jalan Pemuda Kompleks Pemuda Permai Blok D Nomor 5 Kota Kualakapuas, Kalimantan Tengah.

Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada pelaku usaha pariwisata ekonomi kreatif, termasuk di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.

Khususnya lagi, bagi pelaku usaha Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Selama masa pandemi, usaha yang basisnya merupakan usaha rakyat maupun rumah tangga dan termasuk juga hotel dan tempat wisata, mengalami penurunan pengunjung.

Sementara itu, program dalam bidang kepariwisataan yang sudah dijalankan, yaitu dengan membuat inovasi yang berbasis dengan digital.

"Kami menggunakan akun resmi kepariwisataan yang mana kami melakukan suatu terobosan untuk membantu para pelaku usaha ekonomi kreatif yang bergerak di jasa kuliner, kerajinan khas yang dapat dijual secara online," ujar Erliansyah, Kasi Kepariwisataan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Kapuas, Selasa (26/1/2021).

Kemudian dia juga mengungkapkan ada tiga tupoksi yang dijalankan, yaitu mengembangkan kemitraan pariwisata, pengembangan destinasi wisata dan pemasaran pariwisata.

"Harapannya dari ketiga pokok kegiatan ini bisa berinovasi, bisa beradaptasi dengan kondisi pandemi serta dapat berkaloborasi dengan seluruh mitra-mitra pariwisata. Dari itu, kami dapat bangkit di penerapan adaptasi kebiasan baru untuk membangun kembali sektor pariwisata di Kabupaten Kapuas," pungkasnya.





Ikuti bagaimana cara TITIPKU membantu UMKM dalam acara StartSMEup Talk - 05 Feb 2021, daftar segera di https://s.id/eventcerdas5feb

0 comments:

Post a Comment