Sunday, January 17, 2021

Hadapi era industri 4.0, pemuda Abdya gagas rumoeh digital

Para penggagas Rumoeh Digital Abdya berfoto bersama di Kota Banda Aceh, Minggu (17/1/2021). (ANTARA/HO)
Sekelompok pemuda asal Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menggagas pembentukan Rumoeh Digital Abdya, sebagai wadah bagi pemuda asal kabupaten berjulukan breuh sigupai itu untuk berkreasi guna menghadapi era revolusi industri 4.0.

Salah satu penggagas Rumoeh Digital Abdya Nasruddin Oos, di Banda Aceh, Minggu, mengatakan pemuda harus siap menghadapi revolusi industri 4.0 yang mengutamakan pada pergeseran dunia ke arah digital.

“Pemuda Indonesia sangat membutuhkan kemampuan digitalisasi agar tidak tergerus oleh tren otomatisasi,” kata Nasruddin.

Wadah itu digagas sejumlah pemuda Abdya dari berbagai latar belakang, seperti Nasruddin Oos dari komunitas fotografer atau komfOOs, pelaku usaha kecil menengah (UKM) kreatif R Faizin Yusuf, pengiat Teknologi Informasi (IT) Adi Khairi, serta Ikhsan Fajri Jakfar yang merupakan seorang praktisi hukum.

"Hari ini kita lihat anak-anak muda Abdya semakin banyak yang kreatif dalam bidang digital. Sehingga ini membutuhkan wadah untuk saling mendukung dalam melahirkan ide ide baru dalam pengembangan teknologi serta membenahi dan memajukan ekonomi kreatif yang ada di Abdya,” katanya.

Nasruddin menjelaskan Rumoeh Digital Abdya yang digagas itu nantinya secara aktif mewadahi semangat, minat dan bakat pemuda, dengan visi menyalurkan potensi pemuda Abdya yang ingin terlibat aktif dalam industri digital.

"Kami ingin menumbuhkan generasi muda yang sadar akan permasalahan di sekitarnya, agar mereka menggunakan kreativitas untuk menciptakan solusi terhadap tantangan yang dihadapi, aktif mengasah empati dan kemauan belajar, serta yakin mereka bisa membawa perubahan,” katanya.

Sementara itu, R Faizin Yusuf mengatakan rumoeh digital tersebut mengajak generasi muda untuk selalu belajar dan paham, agar tidak tergilas zaman, apalagi menjadi korban peradaban. Oleh karena itu kita harus mampu beradaptasi dengan perubahan, bukan mempermasalahkan sebuah perubahan.

"Rumoeh Digital Abdya sebagai sarana berkumpulnya pelaku digital di Abdya dalam menyambut era digital 4.0, tempat untuk mendukung ide dalam berdiskusi ataupun merealisasikan ide setelah berdiskusi sehingga diperlukan wadah untuk bersilaturahmi,” ujarnya.


sumber : https://aceh.antaranews.com/berita/189648/hadapi-era-industri-40-pemuda-abdya-gagas-rumoeh-digital

 

0 comments:

Post a Comment