Wednesday, January 6, 2021

Bagikan Bantuan Modal, Jokowi Minta UKM Bertahan

Pengrajin menyelesaikan pembuatan lampu hias yang terbuat dari paralon di Tangerang, Banten, Selasa 5 Januari 2021. (Foto: BeritaSatu Photo/Ruht Semiono)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali memberikan bantuan modal kerja atau Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) sebesar Rp 2,4 juta kepada para pedagang kecil di halaman Istana Merdeka, Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (6/1/2021). Jokowi mengharapkan bantuan modal kerja ini mampu membantu para pedagang kecil terus bertahan di tengah pandemi Covid-19.

“Jadi di dalam amplop itu, kita membantu, baik untuk modal kerja, modal usaha, karena saya tahu omzet bapak, ibu turun. Saya hanya titip bahwa posisi dalam seperti ini, jangan menyerah,” kata Jokowi dalam acara Pemberian Bantuan Modal Kerja di halaman tengah, Istana Merdeka, Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (6/1/2021).

Ia meminta para pedagang kecil untuk terus mempertahankan usahanya selama masa pandemi ini. Meskipun keuntungan yang didapat kecil, yang penting usahanya masih terus berjalan. Sehingga saat pandemi telah usai, usaha dapat berkembang normal kembali.

“Meskipun untungnya kecil terus, pokoknya bertahan karena pada suatu saat normal bapak ibu sudah posisinya tetap masih jalan. Yakin insyaallah bahwa keadaan ini akan ada waktunya untuk berakhir tapi memang bukan sekarang. Isinya Rp 2,4 juta. Jadi dihitung betul jangan sampai ada yang kurang,” terang Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengungkapkan tahun 2020 merupakan tahun yang sangat berat, karena penuh ujian, baik yang dialami individu maupun perusahaan di berbagai negara. Kondisi ini diakibatkan wabah Covid-19 tidak hanya melanda Indonesia, tetapi juga 215 negara lainnya di dunia.

“Semuanya terasa sangat berat. Baik usaha mikro merasa berat, usaha kecil merasa berat, usaha yang gede pun merasakan beratnya usaha dan ekonomi kita,” ujar Jokowi.

Karena itu, bantuan modal kerja ini diharapkan dapat membantu menambah modal kerja sehingga usaha para pedagang kecil bisa terus berjalan. “Sekali lagi tetap kerja keras, jangan menyerah karena memang ini dialami seluruh dunia. Jangan merasa yang mengalami hanya ibu sendiri, bapak sendiri, di daerah-daerah juga sama, Tetap harus bersyukur dan bekerja keras. Setiap cobaan pasti ada hikmahnya,” tutur Jokowi.

Kondisi di negara-negara lain, lanjut Jokowi, sudah lebih parah dibandingkan Indonesia karena ada varian baru virus Covid-19. Seperti di London, Inggris sudah melakukan lockdown dua hari lalu, padahal sebelumnya sempat melakukan lockdown selama 3 bulan akibat pandemi Covid-19.

“Bangkok lockdown juga dua hari lalu. Tokyo juga sama menyatakan darurat juga. Kita sekali lagi harus bersyukur bahwa kita tidak sampai sedrastis itu. Ini yang patut kita harus syukuri,” ungkap Jokowi.

Kepala Negara mengharapkan, tahun ini kondisi perekonomian dan kesehatan di Tanah Air bisa kembali normal. “Kita harapkan tahun ini kondisinya bisa normal. Bulannya tidak tahu, bisa kuartal pertama, kuartal kedua, kita akan berusaha bisa kembali normal dengan vaksinasi,” papar Jokowi.

Ia juga mengingatkan agar mereka juga tetap melakukan disiplin protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan) meski sudah ada vaksinasi.


sumber : https://www.beritasatu.com/ekonomi/717031/bagikan-bantuan-modal-jokowi-minta-ukm-bertahan

 

0 comments:

Post a Comment