Friday, March 13, 2020

Perkuat bisnis logistik, BGR Logistics lakukan transformasi digital

Perkuat bisnis logistik, BGR Logistics lakukan transformasi digital

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. BGR Logistics tengah bertransformasi menjadi digital logistic company untuk memaksimalkan pelayanan. Di tengah persaingan bisnis logistik yang sangat ketat, perusahaan ini melakukan diferensiasi layanan yang diberikan kepada pelanggan.

Direktur Utama BGR Logistics, M. Kuncoro Wibowo menyebutkan BGR Logistics memposisikan diri sebagai Digital Logistics Company, seiring dengan inovasi digital yang dilakukan untuk memperkuat bisnis.

Inovasi digital tersebut antara lain dengan telah dimilikinya sistem pergudangan yang disebut dengan Warehouse Integrated Application (WINA) dan sistem armada, Fleet Integrated and Order Monitoring Application (FIONA).

Dirinya juga melihat peluang bisnis logistik yang menyentuh pangsa pasar retail. Bisnis logistik tersebut dibangun dengan sebuah platform aplikasi yang dinamakan BGR Access, di mana aplikasi tersebut membantu masyarakat dalam hal membuang barang bekas elektronik yang sudah rusak maupun yang sudah tidak digunakan.

“Aplikasi ini juga tengah dikembangkan untuk layanan pembuangan minyak goreng bekas dan oli bekas. Proses logistik yang terjadi kita menyebutnya sebagai reverse logistics,” ujarnya dalam siaran pers, Rabu (11/3).

Platform BGR Access tersebut juga akan dikembangkan untuk membantu pemerintah dalam proses logistik dalam hal kedaulatan pangan. Kolaborasi dengan stakeholder terkait dan BUMN di cluster pangan juga tengah dijajaki.

Atas inovasi digital yang dilakukan, Kuncoro berharap agar pihaknya dapat terus memberikan kontribusi yang baik dan bermanfaat untuk masyarakat.

“Semoga kami terus mendapatkan dukungan untuk inovasi digital di industri logistik ini, dan juga untuk aplikasi BGR Access yang akan bermanfaat bagi banyak pihak serta masyarakat,” lanjutnya.

Atas inisiatif tersebut, Kuncoro pun diganjar penghargaan sebagai The Most Inspiring  CEO dalam ajang iCIO Award 2020. Penghargaan diterima berdasarkan atas sejumlah inovasi dan transformasi yang dilakukan selama memimpin Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak sebagai penyedia jasa logistik tersebut.

Ia mengungkapkan bahwa, penghargaan yang diterima dalam ajang iCIO Award tersebut, merupakan pengakuan stakeholder atas transformasi digital yang dilakukan BGR Logistics. Selain itu, capaian tersebut, juga merupakan usaha bersama seluruh karyawan BGR Logistics untuk menghadapi era digital.

0 comments:

Post a Comment