Monday, January 20, 2020

Unika Atma Jaya Siap Cetak Ilmuwan Data Profesional

Unika Atma Jaya Siap Cetak Ilmuwan Data Profesional

Ilustrasi. Foto: Atmajaya/humas
Jakarta: Program studi Sistem Informasi (SI) Unika Atma Jaya melakukan pengujian program aplikasi Unzyp dan Cloudswyft pada platform pembelajaran daring (online learning) Atmazeds, Jumat, 17 Januari 2020 di laboratorum komputer Kampus III BSD.
 
Dekan Fakultas Teknik UAJ, Ronald Sukwandi, Ph.D., menyampaikan pengujian pada platform pembelajaran daring AtmaZeds.atmajaya.ac.id ini dilakikan seiring dengan bertambahnya lima puluh progam online courses terkait data science, Internet of Things (IOT), dan Artificial Intellegence. Program ini merupakan hasil kerja sama dengan Microsoft dan Partners: Unzypt dan Cloudswyft.
 
Di dalamnya termasuk tersedianya virtual lab bagi mahasiswa SI yang mengambil data science. "Ini sebagai komitmen kami dalam mengembangkan future skills bagi mahasiswa dan komunitas. Kami bertekad lulusan SI Unika Atma Jaya dapat menempati kebutuhan data scientist di Indonesia dan dunia yang hingga tahun ini sekitar 5.000 posisi setiap tahunnya," terang Ronald dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin, 20 Januari 2020.Unzyp dan Cloudswyft sebagai perusahaan penyedia jasa teknologi yang bermitra dengan perusahaan raksasa teknologi seperti Microsoft berkomitmen memberikan dukungan melalui kerja sama ini. Salah satunya untuk mendukung proses belajar mengajar di Fakultas Teknik Unika Atma Jaya, khususnya Sistem Informasi.
 
Kolaborasi ini menunjukkan keseriusan program studi Sistem Informasi (SI) Unika Atma Jaya dalam menghasilkan lulusan dengan future skills data sains. Untuk menjawab kebutuhan tenaga kerja bidang data sains yang makin besar di Indonesia.
 
Menurut Ronald, pekerjaan di era kini dan masa depan semakin membutuhkan keterampilan yang berkaitan dengan data dan analisanya. Data digital yang terus meningkat baik dari jumlah, ukuran maupun kecepatan, membutuhkan pengolahan data yang tepat.
 
Data digital perlu diolah karena data-data tersebut menyimpan informasi berharga bagi bisnis dalam membawa keuntungan. Namun demikian, ketersediaan talenta-talenta data science atau yang biasa disebut Data Scientistitu masih terbatas.
 
"Salah satu penyebabnya yaitu data science sendiri merupakan bidang yang memiliki cakupan luas seperti ilmu komputer, statistika dan domain bisnis yang berbeda-beda," imbuh Ronald.
 
Kepala Program Studi SI UAJ, Sri Mulyanti mengatakan, bahwa prodi yang dipimpinnya berupaya untuk menjawab kebutuhan talenta-talenta Data Science tersebut. “SI UAJ menawarkan peminatan yang berfokus pada pengolahan data atau Data Science," kata Sri.
 
Sejak awal semester perkuliahan mahasiswa sudah dikenalkan dengan Data Science melalui mata kuliah-mata kuliah yang terkait seperti Statistika, pemrograman, basis data dan machine learning yang merupakan salah satu teknik utama dalam menggali informasi dari data. Proses pembelajaran Project-Based Lerning (PBL) untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi dunia kerja sebagai seorang data scientist muda yang dibimbing oleh para pengajar professional.
 
Prodi Sistem Informasi UAJ juga berupaya memberikan nilai tambah bagi lulusannya. “Kami sadar bahwa proses pembelajaran di kelas saja tidak cukup untuk menjadi modal bagi mahasiswa ketika menghadapi dunia kerja," terangnya.
 
Salah satu cara untuk membekali mahasiswa yaitu dengan sertifikasi. Program SI kami memberikan sertifikasi khusus data science. "Jadi keunggulan data science di SI Unika Atma Jaya pada sertifikasi yang dihargai oleh raksasa IT Microsoft, sehingga mahasiswa sejak dalam pembelajaran sudah unggul dalam bidang data science.” ujar Sri.
 
Prodi Sistem Informasi UAJ juga memilih sertifikasi Data Science dari Microsoft : Azure Data Scientist Associate untuk diberikan kepada mahasiswa sebagai bekal dalam merintis karier sebagai data scientist. Microsoft Azure merupakan salah satu penyedia komputasi cloud yang diberikan oleh Microsoft.
 
Azure menyediakan sejumlah tool dan frameworks yang dapat digunakan untuk meningkatkan kinerja dalam bisnis atau organisasi. Azure juga menyediakan tool yang terkait dengan data science seperti Azure AI + Machine Learning.
 
Materi yang diujikan dalam mendapatkan Sertifikasi Azure Data Scientist Associate ini adalah pengolahan data seperti pemodelan data (data modeling), rekayasa fitur (feature engineering) dan pengembangan model (developing models). Mata kuliah seperti Kecerdasan Buatan, Statistika dan Pembelajaran Mesin merupakan contoh beberapa mata kuliah yang terkait dengan data science dan menggunakan azure sebagai salah satu tool pembelajaran.


sumber :
https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/GNGjoEQK-unika-atma-jaya-siap-cetak-ilmuwan-data-profesional

0 comments:

Post a Comment