Sunday, June 9, 2024

Wow, Produk UMKM Banten Tembus Pasar Ekspor, Nilai Transaksinya Capai Miliaran Rupiah

 


TANGERANG, RADARBANTEN.CO.ID – Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Banten tembus pasar ekspor. Bahkan, transaksinya selama kegiatan Karya Kreatif Banten (KKB) dan Digiwara Fun Fest 2024 yang dilaksanakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten mencapai Rp 8,59 miliar.

“Nilai transaksi ekspor ke luar negeri mencapai Rp 8,95 miliar. Sementara kalau untuk transaksi dalam negeri sebanyak Rp 576 juta,” ujar Kepala Perwakilan BI Provinsi Banten, Ameriza M Moesa, saat penutupan KKB dan Fun Fest 2024 di Bintaro Jaya Xchange Mall, Minggu, 9 Juni 2024.
Namun, Ameriza menilai, hal itu bukan sebagai sebuah pencapaian keberhasilan, tapi langkah awal untuk terus mengembangkan.

“Karena kan ini sebagian kecil dari supaya kita. Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini bisa melahirkan dan memotivasi, setelah itu menjadi pemicu bagi perkembangan UMKM di seluruh daerah Banten,” tuturnya.

Ia menjelaskan, ada sekira 10 produk UMKM yang ekspor ke pasar luar negeri.

Penjualan keluar negeri itu juga termasuk business matching. Kegiatan business matching itu juga merupakan salah satu tujuan KKB 2024.

Pada kesempatan itu, Ameriza juga menyampaikan bahwa selama kegiatan KKB tercatat ada 55.800 kunjungan per hari, baik di mall 1 maupun mall 2.

Selain kunjungan, ada juga peserta edukasi terkait dengan digitalisasi. Sementara untuk peserta lomba-lomba tercatat sebanyak 932 orang.

“Dan yang sangat mengembirakan selama lima hari kita berhasil menunjukkan transaksi UMKM sebanyak Rp 2,4 miliar. Jadi, alhamdulillah selama lima hari ini kita bisa akumulasi transaksi ekonomi sebesar Rp 2,4 miliar,” tutur Ameriza.

Kata dia, secara total pihaknya berhasil membukukan nilai transaksi sebesar Rp 13,5 miliar apabila dijumlahkan dengan kegiatan yang dimulai sejak bulan Mei.

Sebelum KKB dan Digiwara Fun Fest 2024 yang diselenggarakan di Bintaro Jaya Xchange Mall, pihaknya sudah melakukan berbagai kegiatan.

“Harapannya dengan adanya kegiatan ini bisa semakin mendorong perkembangan dan semakin kuat kolaborasi dan juga digitalisasi eh baik itu untuk UMKM, untuk masyarakat, ataupun untuk pemerintah daerah termasuk kegiatan- kegiatan pembayaran pajak dan retribusi,” ujarnya.

Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie, menyambut baik kegiatan KKB dan Digiwara Fun Fest 2024.

“Semangat kolaborasi. Terima kasih kepada partisipasinya, baik pelaku usaha kreatif, hingga komunitas digital. Inilah Tangsel,” ujarnya.

Kata dia, dengan nilai transaksi yang begitu besar, UMKM lagi bukan lagi usaha mikro kecil menengah, tapi bertransformasi menjadi usaha mandiri kreatif miliaran.

Dalam penutupan KKB dan Digiwara 2024 itu dimeriahkan dengan penampilan artis Salma Salsabil. (*)


Sumber: https://www.radarbanten.co.id/2024/06/09/wow-produk-umkm-banten-tembus-pasar-ekspor-nilai-transaksinya-capai-miliaran-rupiah/

0 comments:

Post a Comment