Sunday, June 9, 2024

BSI Catat Pembiayaan UMKM Rp 46,60 triliun per Mei 2024

 


KONTAN.CO.ID-JAKARTA. PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mencatatkan pembiayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) per Mei 2024 mencapai Rp 46,60 triliun atau tumbuh 13,41% secara year on year (yoy). Perusahaan berhasil menyerap lebih dari 321 ribu nasabah UMKM.

Berbagai upaya dilakukan untuk mendorong pertumbuhan UMKM. Salah satunya dengan menggandeng platform yang fokus melayani pembayaran transaksi UMKM, Qasir.id.


Direktur Sales & Distribution BSI Anton Sukarna mengatakan BSI akan berperan memfasilitasi UMKM dalam hal peningkatan kemampuan dan akses permodalan melalui pembiayaan, sedangkan Qasir.id akan mensinergikan UMKM untuk bisa mengakses perbankan syariah.

“Fokus utama dari kerja sama ini adalah memberikan dukungan bisnis yang lebih luas kepada pelaku UMKM. Langkah ini diharapkan dapat mempercepat digitalisasi UMKM dan meningkatkan efisiensi operasional para pelaku UMKM,” jelas Anton dalam siaran pers, Senin (10/6).

Harapannya, kerjasama ini nantinya bisa mensinergikan 24 ribu UMKM yang sudah bekerjasama dengan Qasir.id dan dapat dioptimalisasi untuk memperoleh permodalan dari BSI.

CEO Qasir.id Rachmat Anggara menyakini peran Qasir.id akan semakin optimal jika kami bersinergi dengan pihak perbankan. “Melalui kerjasama dengan BSI ini kami sepakat dan komitmen untuk bersama memajukan UMKM melalui manajemen pengelolaan yang baik, transparan dan terukur serta secara langsung memberikan peluang akses permodalan syariah,” tutupnya. 


Sumber: https://keuangan.kontan.co.id/news/bsi-catat-pembiayaan-umkm-rp-4660-triliun-per-mei-2024

0 comments:

Post a Comment