Thursday, April 25, 2024

Deputi KemenkopUKM Apresiasi Primakara University, Jawab Tantangan di Era Digitalisasi UMKM

 


DENPASAR, radarbali.id - Primakara University sambut kehadiran Deputi Bidang Usaha Mikro, Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Yulius, S.E., M.A., Ph.D pada hari Rabu (24/4/2024).

Kunjungan tersebut dalam rangka Bimbingan Teknis Peningkatan Digitalisasi Teknologi Produktivitas dan Mutu Usaha Mikro yang diselenggarakan oleh KemenkopUKM pada 23-24 April 2024. Seperti diketahui, Rektor Primakara University, I Made Artana, S.Kom., M.M. turut menjadi pengisi acara dalam bimtek tersebut.

Segenap civitas di lingkungan Primakara University pun menyambut baik kunjungan dari Deputi Bidang Usaha Mikro, Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia ini.

Di antaranya Helmy Syakh Alam, M.Pd. selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik; Ida Bagus Ardhi Putra, S.Kom., M.Pd. selaku Bidang Inkubator Bisnis; dan Desak Putu Nitya Dewi, S.E., M.Si. selaku Kepala Program Studi Akuntansi.

Deputi Yulius ungkap prospek digitalisasi UMKM ke depannya akan sangat baik. Hal ini terlihat dengan pengenalan digitalisasi kepada UMKM sudah mulai digalakkan.

Ditekankan juga bahwa pendigitalisasian ini harus bersifat langsung menyasar UMKM terkait. Mulai dari cara mengisi e-commerce, memastikan kualitas barang yang hendak dijual, hingga bagaimana persaingan harga serta kelola review dari pembeli.

Selain itu, dirinya turut menyampaikan harapan terkait penggunaan internet guna proses digitalisasi UMKM. Untuk diketahui, target di tahun 2024 ada sebanyak 30 persen UMKM yang memanfaatkan keberadaan e-commerce.

Saat ini, masih berkisar di angka 21 persen UMKM yang menggunakan e-commerce sebagai wadah mereka untuk berjualan.

Kehadiran Primakara University diharapkannya dapat menyebarluaskan dan melakukan sosialisasi tentang informasi pemanfaatan e-commerce. 

Dalam kesempatan ini, Deputi Yulius nampak antusias menyimak pemaparan Program Pendampingan Bisnis dan Digitalisasi UMKM di Primakara University yang disampaikan oleh Kaprodi Akuntansi.

Program ini menurutnya menarik dan berharap bisa menjalin kerja sama dengan Primakara University untuk melakukan pendampingan dan pelatihan UMKM.

Sekaligus mengapresiasi Primakara University karena menginisiasi program yang melibatkan mahasiswa untuk memecahkan permasalahan UMKM.

Bahkan dirinya sangat optimis Primakara University mampu mengembangkan digitalisasi UMKM di Bali tidak terbatas hanya pada digitalisasi tetapi juga membantu UMKM agar mampu menjual produknya dan mendapatkan akses ke perusahaan besar.

Lebih lanjut, WR I Primakara University mengaku senang dan akan terus mengembangkan program pendampingan digitalisasi UMKM ini.

"Selaras dengan prodi baru di Primakara yaitu di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis ada Bisnis Digital, Manajemen dan Akuntansi serta keberadaan inbis di Primakara sebagai aggregator penggerak digitalisasi UMKM," ujarnya. (ari)

Sumber: https://www.startsmeup.id/2024/04/deputi-kemenkopukm-apresiasi-primakara.html

0 comments:

Post a Comment