Monday, April 1, 2024

Begini Cara Mendorong Pengembangan Usaha Pelaku UMKM

 

Jakarta: Mastercard memberikan pelatihan, pengembangan usaha serta bantuan modal kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Mastercard melakukannya melalui program sosial bertajuk Smart Business Program yang dilaksanakan melalui kemitraan dengan Grab Indonesia dan BenihBaik.com.
 

Marketing Director Mastercard Indonesia Kenny W Ruky menuturkan, dana yang terkumpul akan digunakan untuk penyediaan peralatan pengembangan usaha, bantuan modal usaha, dan pelatihan intensif untuk memberdayakan 130 UMKM di berbagai kota di Indonesia, seperti Bandung, Denpasar, Malang, Pekanbaru, Surabaya, dan beberapa kota lainnya.

"Kontribusi UMKM mencapai 60 persen dari PDB Indonesia. Kami pahami tantangan UMKM, kesuksesan akan berjalan apabila kami berkontribusi terhadap pelaku usaha," jelas dia dalam keterangan tertulis, Senin, 1 April 2024.

 
Selama program sosial ini berlangsung, lebih dari 50 ribu pengguna Grab telah mengaktifkan kupon donasi untuk turut berpartisipasi, dan sebanyak 131 ribu transaksi. Mastercard mendonasikan Rp10 ribu untuk tiap transaksi pengguna di aplikasi Grab yang menggunakan kartu kredit atau debit Mastercard selama periode tersebut.

Dorong pelaku UMKM beralih ke ekosistem digital


Mastercard bekerja sama dengan berbagai mitra untuk memberdayakan usaha-usaha kecil berkembang di perekonomian digital, termasuk melalui Smart Business Program di Indonesia.
"Program ini juga memperkuat komitmen Mastercard untuk mendukung upaya pemerintah Indonesia dalam membantu 30 juta UMKM beralih ke ekosistem digital pada 2024," tegas dia, seraya menambahkan secara global Mastercard berkomitmen membawa satu miliar individu dan 50 juta usaha kecil ke dalam perekonomian digital pada 2025.
 
Sebelumnya, Mastercard dan Grab Indonesia juga telah bekerja sama untuk mendukung pemberdayaan UMKM Indonesia pada 2022. Mastercard dan Grab meluncurkan program regional Small Business, Big Dreams untuk meningkatkan keterampilan para pekerja lepas dan usaha kecil di tiga pasar Asia Tenggara, termasuk Indonesia.
 
Hingga Desember 2023, program tersebut telah menjangkau lebih dari 124 ribu usaha kecil yang termasuk dalam ekosistem Grab di Indonesia. Pada tahun yang sama, Mastercard juga berkolaborasi dengan Grab untuk memberdayakan 100 usaha kecil di Labuan Bajo dengan berbagai keterampilan dengan memberikan program pelatihan yang membantu mengurangi hambatan dalam berkomunikasi dan meningkatkan kemampuan wirausaha bagi  masyarakat setempat.

Literasi keuangan dan manajemen bisnis

CEO BenihBaik.com Andy Noya menuturkan kelamahan pada pelaku UMKM adalah literasi keuangan yang rendah serta pemahaman terhadap pengelolaan manajemen bisnis yang baik. Hal ini yang bisa diatasi dengan program pemberdayaan pelaku UMKM.
 
"Kelemahan UMKM di bisnis itu sendiri dengan adanya program literasi keuangan maka barang dagangan dihitung dengan cara berpikir bisnis sehingga dipisahkan pengelolaan keuangannya," jelas dia.
 
Dia juga mengatakan cara membuat branding tak hanya dari logo tetapi juga memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Dia menuturkan banyak restoran yang memiliki rasa yang baik tapi memiliki pelayanan buruk.
 
"Kuliner itu bagus tapi ketika pemahaman terhadap kebersihan berkurang waduh, inj yang bikin kurang enak, jadi bisa didapur ini tak perlu mewah tapi bersih. Restoran enak tapi toiletnya kotor buat nafsu makan berkurang," tegas dia.
 

Sumber: 

0 comments:

Post a Comment