Wednesday, April 24, 2024

Apical Perkuat Segmen Penjualan di Sektor UMKM

 

Awal 2023 lalu, seakan menjadi titik awal mengembangkan market baru. Hal tersebut yang dilakukan produsen produk hilir sawit (Apical) dalam mengembangkan potensi pasar lokal. Dengan berbagai ragam produk yang dimilili membidik sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).


Diketahui, industri makanan dan minuman diproyeksi masih menjadi salah satusektor andalan ekonomi nasional. Peran penting sektor strategis ini terlihat dari kontribusinya yang konsisten dan signifikan terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) industri non migas serta peningkatan realisasi investasi.


Untuk itu pemerintah berusaha menjamin ketersediaan bahan baku yang dibutuhkan industri makanan dan minuman agar senakin produktif dan berdaya saing baik di tingkat lokal maupun global. Apalagi sektor ini basisnya nilai tambah sehingga proses hilirisasi perlu dijamin. Di samping itu industri makanan dan minuman nasional semakin kompetitif karena jumlahnya cukup banyak. Tidak hanya meliputi perusahaan skala besar, tetapi juga skala Industri kecil dan menengah (IKM), bahkan UMKM.


Kondisi tersebut membuka peluang bagi Apical dalam mengembangkan potensi pasar untuk mendongkrak penjualan produknya. Sebagai bahan untuk membuat makanan (kudapan) yang bisa dikonsumsi masyarakat sehari-hari.


Market Development Manager Apical Group, George Tjiptamustika menyampaikan meski saat ini pihaknya sudah memiliki excisting customer seperti Mayora, Orangtua Group dan lainnya.


“Tetapi kami melihat potensi pasar lain yaitu UMKM dan mengembangkan mitra sebagai distributor,” ujarnya, saat acara Annual Media Meet Up Apical, pada Selasa (20 Februari 2023), di Jakarta.


Menurut George, seperti kita ketahui bersama pandemi Covid-19 mengajarkan banyak hal. Kami melihat saat pandemi COvid-19 justru usaha yang naik dan berkembang UKM. “Bahkan, ada salah satu rekanan kami (toko), banyak konsumen ibu-ibu yang jadi rajin masak dan membuat kue di rumah dari pada jajan di luar mending buat sendiri. Itulah salah satu potensi pasar kami, sehingga kami sejak tahun lalu fokus mengembangkan pasar UMKM,” katanya.


Dengan ragam produk andalan yang dimiliki, yaitu Vitas Cake Margarin, Medalia Margarin, Bakeria Cream Margarin, Vitas Supreme Shortering, Vitas Baker’s Fat, Medalia Baker’s Fat, Vitas Butter Oil Substitute, Medalia Shortering dan Frybest Frying Fat.


“Apical siap untuk mengembangkan market baru yaitu UMKM, dan membuka jaringan (distributor) untuk mendukung konsumen (UMKM),” kata George.


Selain itu, lanjutnya, kami juga memiliki produk minyak padat yang peruntukkannya untuk makanan (Fried Chicken dan French Fries). Brand besar untuk Fried Chicken dan French Fries seperti KFC, Mc Donald dan Burger King, dan lainnya sudah menjadi excisting customer.


“Produk kami (minyak padat) juga sudah digunakan oleh bran-brand lokal seperti Rocket Chicken, Labaik Chicken dan beberapa brand lokal yang ada di Bali yaitu Gogo Fried Chicken semua itu excisting customer,” tambah George.


Sumber: https://www.startsmeup.id/2024/04/apical-perkuat-segmen-penjualan-di.html

0 comments:

Post a Comment