Wednesday, January 26, 2022

Mau Buka Toko Kelontong? Simak Strateginya Berikut

 Pernah terbesit ide punya toko kelontong sendiri? Ya, punya toko memang menyenangkan karena uang berputar tanpa kamu bersusah payah bekerja.


Tapi sebelum memulainya, kamu juga harus paham persiapan yang perlu dilakukan. Nah, apa saja persiapannya?

Cari Lokasi yang Strategis

Strategis di sini tentu toko harus dekat dengan market yang disasar. Jika kamu ingin buka toko kelontong, cari lokasi yang banyak penduduknya dan akses mudah. Lokasi seperti ini memudahkan konsumen untuk datang ke toko untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Sesuaikan Usaha dengan Modal

Langkah selanjutnya adalah tentukan barang-barang yang hendak dijual. Baiknya kamu mencicil barang-barang yang akan dijual ketimbang langsung menjual barang dengan lengkap. Seiring dengan berjalannya waktu, toko kelontongmu akan lengkap.

Mencicil barang yang dijual ini merupakan upaya agar kamu tidak terlalu terbebani oleh modal yang besar. Baiknya keuntungan yang didapat, dibelikan lagi barang dagangan agar modalmu terus bertambah.

Dapatkan Tempat Kulakan yang Murah

Jika semuanya sudah siap, kamu tinggal memulai belanja membeli barang dagangan yang akan dijual. Kamu harus tahu tempat kulakan yang paling murah sehingga bisa dijadikan langganan.

Tempatkan Barang Sesuai Kelompoknya

Menata barang dagangan merupakan sebuah kunci yang penting bagi pelanggan memperoleh barang yang dicarinya dengan mudah.

Atur jangan sampai berantakan. Pisahkan makanan dengan barang-barang lain seperti sabun, dan sebagainya.

Jaga Kebersihan

Setiap hari kamu harus membersihkan toko kelontongmu agar nyaman dan sedap dipandang mata. Toko yang rapi dan bersih akan membuat konsumen merasa nyaman dan akan kembali lagi.

Sumber : https://umkm.kompas.com/read/2022/01/27/103759183/mau-buka-toko-kelontong-simak-strateginya-berikut.

0 comments:

Post a Comment