Wednesday, September 1, 2021

Mahasiswa KKN UNEJ Dampingi UKM Batik Tulis Inayah dengan Digital Marketing dan Packaging Menarik

Mahasiswa KKN UNEJ Dampingi UKM Batik Tulis Inayah dengan Digital Marketing dan Packaging Menarik
 
Pandemi Covid 19 yang terjadi di Indonesia menjadi permasalahan yang dihadapi oleh seluruh masyarakat Indonesia. Hampir dari semua sektor usaha yang dilakukan oleh masyarakat mengalami penurunan, salah satunya yaitu Usaha Kecil Menengah (UKM). Berdasarkan hal tersebut, salah satu mahasiswi KKN BTV 3 UNEJ kelompok 74 yaitu Nur Saidah Kholiliyah melaksanakan kegiatan KKN dengan membantu mengatasi permasalahan UKM Batik Tulis Inayah yang berada di Kelurahan Bugul Kidul Kecamatan Bugul Kidul Kota Pasuruan.

Permasalahan yang dimiliki UKM Batik Tulis Inayah ditengah pandemi ini, yaitu menurunnya omzet penjualan batik tulis selama pandemi dikarenakan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan sehingga jumlah pesanan dan pengunjung yang datang ke toko pemilik UKM Batik Tulis Inayah mengalami penurunan dibandingkan sebelum pandemi.

Permasalahan yang kedua adalah kurangnya memaksimalkan proses pemasaran produk batik tulis dengan digital marketing. Adanya kegiatan KKN BTV 3 ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi saya untuk mendampingi pelaku UKM Batik Tulis Inayah dalam mengembangkan usaha batik tulis yang dijalankan dengan memberikan empat kali pelatihan dan pendampingan.

Pelatihan dan pendampingan yang dilakukan, yaitu dengan meningkatkan kualitas produk dari segi packaging serta memaksimalkan proses pemasaran produk dengan digital marketing melalui media sosial, e-commerce, dan website. Pelatihan pertama yang dilakukan adalah pelatihan penggunaan media sosial (Instagram dan Whatsapp Bisnis) dan e-commerce (Shopee) kemudian dilanjutkan pelatihan kedua mengenai pengambilan dan editing foto, video produk yang menarik.

Pelatihan ketiga mengenai packaging menarik dengan membuat kartu ucapan yang berisi terimakasih, kata menarik, serta mencantumkan media sosial dan e-commerce produk kemudian dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan katalog online melalui website linktree (berisi link Instagram, Whatsapp Bisnis, Shopee) dan justshop (https://inayahbatiktulis.justshop.id/).

Dengan diadakannya pelatihan dan pendampigan tersebut diharapkan dapat membantu penyelesaian permasalahan pelaku usaha yaitu dengan memperluas jaringan pemasaran serta inovasi produk dari segi packaging sehingga produk dapat dikenal masyarakat luas dan mampu menarik minat masyarakat untuk membeli. Semoga kedepannya UKM Batik Tuis Inayah dapat terus berkembang dan beradaptasi mengikuti situasi dan perkembangan masyarakat.

Sumber : https://www.kompasiana.com/nursaidahkh/612dccfc31a2876da56ba992/mahasiswa-kkn-btv-3-unej-dampingi-ukm-batik-tulis-inayah-dengan-digital-marketing-dan-packaging-menarik

0 comments:

Post a Comment