Sunday, August 29, 2021

Sandiaga Uno Targetkan 30 Juta UMKM Masuk Ekosistem Digital di 2023

 

Sandiaga Uno Targetkan 30 Juta UMKM Masuk Ekosistem Digital di 2023

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menargetkan 30 juta UMKM Indonesia masuk eksositem digital pada tahun 2023. Pasalnya, dengan digitalisasi bonus demografi yang dimiliki Tanah Air dapat mewujudkan mimpi Indonesia Emas 2045.

Dalam membangkitkan UMKM go digital, Sandi menekankan beberapa hal. Pertama, literasi Sumber Daya Manusia (SDM). Sebab menurutnya, SDM merupakan modal utama dalam sebuah pengembangan yang berawal dari gagasan, ide, dan pemikiran.

“Diharapkan dengan SDM ini mampu menjadikan produk bernilai rendah menjadi produk bernilai tinggi dan berdaya jual tinggi,” kata Sandi dalam webinar bersama mahasiswa Universitas Bung Hatta, Rabu (11/8/2021).

Kedua, ia menuturkan ekonomi kreatif secara tidak langsung mengarahkan dan mencoba menciptakan wirausahawan yang handal dalam berbagai bidang. Selain itu juga, mendorong para UMKM untuk melakukan transformasi digital untuk mencapai pasar dengan mudah.

“Menariknya, ternyata yang menjadi penyelamat selama pandemi adalah komunitas. Hampir 80% bergantung kepada kekuatan komunitas,” jelas Mas Menteri.

Terkait hal itu, ia mencontohkan, di kalangan anak muda ada komunitas yang diberi nama ‘Teman Bantu Teman’. Dimana pada komunitas ini, para anggota komunitas membuka open order untuk menjajakan produknya melalui WhatsApp group. Hal ini menunjukkan bahwa ketangguhan anak muda dalam membangun perekonomian bisa dilakukan dengan gotong royong.

“Ini nyatanya berhasil mengurangi laju penurunan tenaga kerja yang di PHK,” tambahnya.

Ia menambahkan ada beberapa program Kemenparekraf yang tengah digodok untuk mewujudkan Indonesia Emas, diantaranya Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Beli Kreatif Lokal. Dengan program ini, Mas Menteri berharap pada 2023 dapat melahirkan 30 juta UMKM.

“Peran generasi muda bukan kaum rebahan, tapi generasi muda adalah agen perubahan,” tutupnya.

Sumber : https://www.idxchannel.com/economics/sandiaga-uno-targetkan-30-juta-umkm-masuk-ekosistem-digital-di-2023

0 comments:

Post a Comment