Tuesday, August 24, 2021

Ini Manfaat Pelatihan Soft Competency di Link UMKM untuk Para Pelaku UMKM

 

Ini Manfaat Pelatihan Soft Competency di Link UMKM untuk Para Pelaku UMKM

PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) terus berupaya membantu pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Tanah Air dengan berbagai model bisnis. Salah satu yang digagas Bank Pelat Merah tersebut adalah membuat sebuah online platform yang dapat diakses via website dan aplikasi smartphone. Platform ini dibuat untuk menaikkan kelas UMKM di Indonesia dengan serangkaian program pemberdayaan.

Platform tersebut adalah Link UMKM. Salah satu manfaat bagi para pelaku UMKM dengan bergabung ke Link UMKM adalah mendapatkan pelatihan secara online. Di pelatihan online tersebut juga disediakan Modul Pelatihan Soft Competency. Dalam modul tersebut dibagi menjadi tiga jenjang kategori yakni kelas Tradisional, Berkembang, Modern dan terakhir diikuti dengan kelas Go Global (persiapan untuk ekspor).

Bentuk pelatihan yang diberikan dalam Link UMKM ini juga sangat beragam. Pelatihan online ini bisa berupa modul bacaan, video, podcast, link webinar, infografis, dan sebagainya, menyesuaikan dengan kebutuhan pengembangan kompetensi setiap pelaku UMKM.

Selain dibedakan berdasarkan tahap kategori kelas (tradisional, berkembang dan modern), modul pelatihan juga dilengkapi dengan skema tingkat kedalaman, yaitu A1 : mengetahui, A2 : paham dan implementasi, A3 : mampu mengevaluasi dan mengambil keputusan. Modul Pelatihan UMKM Naik Kelas (Soft Competency) juga dilengkapi dengan post test.

Setelah user atau pelaku UMKM menyelesaikan pelatihan dan lulus post test, akan mendapatkan 'Piala Soft Competency'. Adapun pelatihan yang sudah dipelajari, juga dapat dilihat kembali pada halaman Profil User.

Dengan pembagian kelas dan skema kedalaman materi diharapkan pelatihan yang diberikan menjadi terukur dan terarah. Hal ini demi untuk mengembangkan UMKM di Tanah Air agar bisa naik kelas ke jenjang yang lebih tinggi bahkan hingga ke level global.

Sumber :https://m.merdeka.com/uang/ini-manfaat-pelatihan-soft-competency-di-link-umkm-untuk-para-pelaku-umkm.html


0 comments:

Post a Comment