Tuesday, August 3, 2021

Berikut 4 Cara untuk Optimalkan UMKM Milik Kamu!

 

Berikut 4 Cara untuk Optimalkan UMKM Milik Kamu!

Sudah hampir dua tahun kita bertahan hidup di tengah pandemi. Dampak yang dirasakan tentunya bukan cuma di sektor kesehatan saja, sektor ekonomi pun ikut terpukul dan hal ini terjadi di seluruh wilayah Tanah Air.

Hal ini tentunya membuat para pelaku UMKM harus bekerja lebih keras agar dapat bertahan. Dampak pandemi ini tentunya sangat mempengaruhi omset penjualan para pelaku UMKM. Buat kamu yang memiliki usaha sendiri, jangan patah semangat. Yuk, simak 4 cara ini agar usaha yang dijalankan dapat bangkit di tengah keterbatasan!

1. Memanfaatkan Media Sosial dan Etalase Digital Lainnya

Di era digital seperti sekarang, media sosial adalah salah satu ujung tombak krusial dalam berbisnis. Keberhasilan mengelola media sosial dan etalase digital lainnya akan berbanding lurus dengan berhasilnya UMKM.

Selain Instagram dan Twitter, memanfaatkan marketplace dan e-Commerce akan menguatkan brand image dari bisnis kamu, lho. Jika memiliki kesempatan, pengusaha pun bisa mengelola website miliknya sendiri agar membuat UMKM semakin paripurna.

2. Mengadopsi Tren yang Sedang Berkembang

Kalau kamu sudah menggunakan media sosial hingga website, konten yang ada di dalamnya nggak boleh sembarangan. Target pasar akan semakin tertarik dengan bisnis yang dijalankan ketika kamu berhasil menghasilkan konten yang relatable di media sosial.

Oleh sebab itu, mengadopsi tren yang sedang berkembang akan membuat target pasar melirik produk yang ditawarkan. Contoh kecilnya adalah mengadopsi tren K-Pop untuk bisnis busana, atau ikut menyemarakkan ajang sepak bola internasional jika kamu memiliki produk cemilan. Nggak hanya dari produk, adopsi tren juga bisa dilakukan pada packaging produk milikmu. Menarik untuk dicoba, ya!

3. Bergabung dengan Komunitas sebagai Sarana Berbagi Antar Pelaku UMKM

Peran komunitas nggak bisa dianggap remeh. Banyaknya pelaku UMKM yang berkumpul dalam satu komunitas, dapat memiliki banyak keuntungan lantaran memiliki kesamaan satu sama lain.

Pemilik usaha bisa lebih mudah berbagi pengalaman dari pra produksi hingga tahap penjualan jika dalam satu komunitas. Bahkan bila beruntung, kamu bisa mendapatkan pasokan kebutuhan produksi hingga pelanggan baru dari komunitas tersebut.

4. Memanfaatkan Sarana Pelatihan, Konsultasi, dan Literasi Keuangan

“Never stop learning!” Quote tersebut sudah semestinya diterapkan oleh siapapun termasuk pelaku UMKM. Memanfaatkan sarana pelatihan dan konsultasi bisnis bisa menambah pengetahuan serta pemahaman tentang dunia bisnis.

Untuk memfasilitasi sepak terjang terjang para pelaku UMKM di Indonesia, BRI menghadirkan platform online bernama Link UMKM. Semua hal yang dibutuhkan pelaku UMKM bisa didapatkan melalui Platform Pemberdayaan UMKM Terpadu ini. Pastinya Link UMKM dibuat dengan tujuan membawa UMKM Indonesia naik kelas lewat rangkaian program di dalamnya.

Dengan kemudahannya yang dapat diakses via website serta aplikasi smartphone, Link UMKM akan memberikan banyak hal buat pelaku UMKM. Seperti update informasi di UMKM Media; memfasilitasi menu pelatihan serta konsultasi bisnis via UMKM Pedia; menghadirkan komunitas untuk memperluas jaringan kerja; serta menampilkan produk di etalase digital yang bisa diakses siapa saja.

Nggak hanya itu saja, pelaku UMKM juga bisa menikmati fasilitas lain seperti Program Terpadu UMKM Naik Kelas, Rumah BUMN untuk mendapatkan informasi terkait pelatihan bisnis, Modul Pelatihan, hingga beberapa tes serta reward yang akan diberikan. Semua hal yang diperlukan pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnisnya bisa didapatkan melalui Link UMKM ini.

Yuk, buruan daftarkan dirimu di Link UMKM dengan cara registrasi langsung pada website Link UMKM dengan cara klik di sini, serta mengisi data diri. Jika sudah terdaftar, kamu bakal memiliki Kartu Anggota Link UMKM yang berisi profil lengkap diri serta QR Code dan nomor keanggotaan sebagai identifikasi. Dapatkan informasi lengkap tentang Link UMKM dengan cek Instagram @bankbri_id, atau kunjungi website resmi BRI.

Sumber : https://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/pr-012329092/berikut-4-cara-untuk-optimalkan-umkm-milik-kamu?page=2

0 comments:

Post a Comment