Thursday, July 1, 2021

SRC dan LinkAja Perkuat Ekosistem Digital Toko Kelontong


Jakarta, Beritasatu.com – PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS) menjalin kerja sama strategis dengan PT Fintek Karya Nusantara (LinkAja) guna mendukung inklusi keuangan di toko kelontong SRC. Kerja sama ini berupa penggunaan aplikasi mitra LinkAja pada seluruh jaringan toko kelontong SRC di Indonesia dengan menggunakan QR Code Indonesian Standard (QRIS).

"Nantinya seluruh toko kelontong yang tergabung dalam SRC akan terdaftar sebagai merchant LinkAja," kata Direktur PT SRC Indonesia Sembilan, Rima Tanago dalam keterangan tertulisnya Kamis (1/7/2021).

Dia mengungkapkan kerja sama ini merupakan komitmen SRC dalam menggerakkan ekonomi kerakyatan. “Dengan kerja sama ini, kami berupaya memperkuat ekosistem digital, khususnya layanan keuangan berbasis digital di toko kelontong,” kata Rima.

Ia menambahkan sinergi antara SRCIS dan LinkAja juga turut meningkatkan literasi digital di bidang layanan keuangan bagi masyarakat. Selain itu, dapat meningkatkan pendapatan pemilik toko kelontong dengan berbagai layanan pembayaran pada LinkAja. Lewat kerja sama ini, nantinya seluruh toko kelontong SRC akan dapat menerima pembayaran dengan menggunakan QR Code Indonesian Standard (QRIS), sehingga konsumen dapat memilih transaksi nontunai.

Berdasarkan data Bank Indonesia (BI) merchant pengguna Quick Response Indonesia Standard (QRIS) pada awal 2021 telah mencapai 6,3 juta merchant, didominasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Jumlah tersebut meningkat dari posisi tahun lalu yang tercatat mencapai 5,8 juta merchant pengguna QRIS. “Dengan terdapatnya QRIS sebagai fasilitas pembayaran digital di 130.000 toko kelontong SRC yang tersebar di seluruh Indonesia, diharapkan dapat mendukung upaya pemerintah mempercepat digitalisasi UMKM,” ujar Rima.

Saat ini menurut Rima, pemerintah tengah mengupayakan pemulihan ekonomi nasional. "Lewat kolaborasi diharapkan dapat mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional," kata Rima.

Direktur Utama LinkAja Haryati Lawidjaja menjelaskan LinkAja dan SRCIS memiliki komitmen yang sama untuk memberdayakan ekonomi masyarakat terutama sektor UMKM. "LinkAja berupaya membantu UMKM paham digital dan menularkannya kepada masyarakat secara luas, sehingga masyarakat memiliki pilihan pembayaran yang mudah, cepat dan aman," kata dia.

Salah satu pemilik toko kelontong masa kini SRC di wilayah Jakarta Barat, Heru mengatakan bahwa toko miliknya telah terdaftar sebagai merchant LinkAja . Pemilik toko dengan nama SRC Sashi Mandiri ini juga memaparkan, transaksi dengan LinkAja dapat digunakan untuk membeli kebutuhan sehari-hari di toko kelontong, dan juga untuk pembayaran token listrik, pembayaran iuran BPJS, dan pembelian pulsa.

Sumber : https://www.beritasatu.com/ekonomi/794549/src-dan-linkaja-perkuat-ekosistem-digital-toko-kelontong 

0 comments:

Post a Comment