Monday, July 12, 2021

Masuki HUT Koperasi Ke-74, Diskop Dukung UMKM Hadapi Pandemi


TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - 12 Juli merupakan Hari Ulang Tahun Koperasi di Indonesia yang ke-74. Terkait hal ini, Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Sumatera Utara tetap optimistis untuk mendukung para UMKM dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Juniari Siahaan, Kasi Pengelolaan Data Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Sumatera Utara mengutarakan bahwa ada beberapa kegiatan dari pihaknya yang mendukung UMKM diantaranya penumbuhan wirausaha melalui peningkatan pertumbuhan KUMKM.

"Kami juga melakukan penguatan KUMK go export dan go digital, meningkatkan stabilitas permodalan koperasi aktif melalui pembentukan jaminan kredit daerah Sumut dan akses kredit usaha rakyat," kata Juniari, Senin (12/7/2021).

Ditambahkannya, untuk jaminan kredit daerah Sumut ini dibentuk karena melihat potensi UMKM Sumut sebanyak kurang lebih 2.5 juta pelaku masih terkendala angunan sehingga dengan adanya ini akan mendorong tumbuhnya start up bussness.

Selain itu ia mengungkap, pihaknya juga selalu melakukan pendataan jumlah UMKM produktif, memberikan perluasan pasar UMKM untuk pengadaan barang dan jasa pemerintah bersama LKPP di laman UMKM dan bela pengadaan, mempermudah proses on boording dan akses strategis untuk UMKM masuk ke e-commerence dengan program UMKM bangga buatan Indonesia.

Kemudian melakukan sarana promosi maupun pameran, memfasilitasi UKM melakukan pendaftaran secara digital melalui Online Single Submission (OSS), serta memberikan pelatihan dan pendampingan kepada UMKM.

Tidak hanya itu, Juniari menyatakan Diskop Sumut juga memberikan bantuan alih usaha kepada UMKM dalam rangka PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) di tengah pandemi Covid-19 untuk mendongkrak dan membangkitkan UMKM Sumut.

"Pembiayaan bagi koperasi dan UKM dapat diperoleh melalui program dana bergulir dari LPDB," katanya.

Di samping itu, Juniari mengatakan kondisi koperasi Sumut berdasarkan Online Data Sytem (ODS) saat ini yakni jumlah koperasi 12.355 unit, koperasi aktif 4.818 unit, koperasi tidak aktif 7.535 unit, koperasi RAT 1.152 unit.

"Untuk kondisi UMKM Sumut di dominasi layanan usaha perdagangan seperti usaha mikro berjumlah 1.061.401, kecil berjumlah 99.753, dan menegah berjumlah 15.960," ujar Juniari.

Selanjutnya Juniari mengatakan, untuk pelaksanaan HUT koperasi ke-74 tahun ini dilakukan secara daring melalui zoom yang difasilitasi oleh Kementerian Koperasi dan UKM RI.

Sumber : https://medan.tribunnews.com/2021/07/12/masuki-hut-koperasi-ke-74-diskop-dukung-umkm-hadapi-pandemi 

0 comments:

Post a Comment