Wednesday, July 28, 2021

Mahasiswa UNM Luncurkan Aplikasi StartUp Khusus UMKM

 

Mahasiswa UNM Luncurkan  Aplikasi StartUp Khusus UMKM

JAKARTA - Mahasiswa binaan Nusa Mandiri Startup Center (NSC) bernama Hamdan sukses meluncurkan aplikasi startup khusus usaha mikro kecil menengah (UMKM). Hamdan berasal dari program studi (prodi) Pascasarjana (S2) Universitas Nusa Mandiri (UNM). Startup yang awalnya hanya dikemas dalam bentuk website kini ia luncurkan dalam bentuk mobile di playstore dan diberinama Skillpebisnis.id
Hamdan menceritakan ide awal pembuatan aplikasi ini karena seiring perkembangan teknologi dan tingginya persaingan antar-usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk terus meningkatkan bisnisnya.

“Terbatasnya tempat, waktu atau kesibukan pebisnis menjadi kendala bagi mereka untuk belajar bagaimana bisa mengembangkan bisnis. Aplikasi Skillpebisnis.id hadir menjadi solusi untik meningkatkan skill bisnis online digital marketing yang dapat dilakukan secara online, sehingga UMKM dapat bertumbuh dalam mengelola bisnisnya,” ungkap Hamdan dalam keterangan pers, Kamis (22/7).

Ia menambahkan, pada awalnya startup ini dibangun hanya dalam bentuk website. Namun karena adanya dukungan dari NSC, Hamdan berpikir untuk mengemasnya kedalam bentuk mobile app sehingga lebih praktis dan lebih spesifik fungsi khususnya. Selain itu banyak manfaat yang diperoleh jika dijadikan mobile app.

“Skillpebisnis.id merupakan inovasi terbaru dari Malakatech.com (PT Malaka Teknologi Indonesia). Sebuah perusahaan teknologi yang bergerak di bidang software house, web server hosting, branding dan digital marketing. Perusahaan ini sudah memiliki 800 customer yang tersebar di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Dalam portal Skillpebisnis.id terdapat berbagai macam materi seputar bisnis online, seperti Mahir Facebook & Instagram Ads, Mahir Google Ads, Mahir WhatsApp Marketing, Mahir Website Wordpress, Mahir Landingpage, Mahir Email Marketing, Mahir Elementor, Sukses Bisnis Online, Panduan Mahir Digital Marketing 2021, Mahir Tiktok Marketing dan materi lainnya.

“Materi pada aplikasi ini selalu di-update sesuai dengan kebutuhan saat ini. Semoga lewat aplikasi ini user mendapat layanan terbaik, mulai dari produk digital untuk membantu meningkatkan bisnis secara cerdas dan praktis dari internet. Karena situasi pandemi dan zaman yang serba online seperti ini, pengusaha yang biasa offline wajib pindah ke online jika mau tetap berjalan dan bertumbuh berkembang,” paparnya.

Sementara itu, Siti Nurlela selaku kepala Nusa Mandiri Startup Center (NSC) mengatakan, karya dari Hamdan ini akan sangat membantu para pelaku UMKM untuk memperbaharui wawasan dan pengetahuannya seputar bisnis digital yang dijalankan.

“NSC sebagai wadah di bawah naungan Universitas Nusa Mandiri (UNM) akan terus membina mahasiswa/i yang memiliki minat dan bakat di bidang startup. Memotivasi mereka agar dapat meningkatkan karya-karya inovasi terbaik guna menjadi solusi atas permasalahan dan menjawab tantangan yang ada,” tutupnya.

Sumber : https://m.republika.co.id/berita/qww9rk374/mahasiswa-unm-luncurkan-aplikasi-startup-khusus-umkm

0 comments:

Post a Comment