Wednesday, July 14, 2021

Lifepal Ajak UKM Optimalkan Perencanaan Keuangan dan Perkuat Digital Marketing di Masa Pandemi


JAKARTA – PT Lifepal sebagai perusahaan marketplace asuransi terus berupaya menyebarluaskan literasi keuangan untuk masa depan finansial yang lebih mapan. Termasuk, kepada pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM).

Di masa pandemi seperti saat ini, kegiatan UKM dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) semakin bertambah. Agar para pelaku usaha lebih sadar pada literasi dan perencanaan keuangan mereka serta kiat-kiat pemasaran di era digital, Lifepal mengajak 10 UKM serta UMKM binaan berkolaborasi dalam kegiatan webinar “Digital Marketing dan Financial Planning untuk UKM di Masa Pandemi”.

Webinar ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan sebagai sarana sharing bagi para pelaku usaha dalam mengelola bisnisnya di tengah ketidakpastian akibat pandemi Covid-19.

Dalam webinar kali ini, materi disampaikan oleh pembicara yang sesuai dengan expertise masing-masing terkait dengan digital marketing, khususnya SEO, dan financial planning.

Sehingga, para pelaku usaha juga dapat mengetahui seputar bagaimana memaksimalkan SEO dan membangun perencanaan keuangan yang baik. Dengan begitu, usaha teman-teman dapat bertahan atau bahkan menghasilkan revenue yang lebih besar ke depannya.

Bertindak sebagai pembicara, Head of SEO Lifepal.co.id, Dudung Rahmanto. Dudung mengatakan, penggunaan layanan digital di Indonesia meningkat dua kali lipat di masa Pandemi.

Karena itu, perlu strategi bagi para pelaku UKM/UMKM meningkatkan digital marketing mereka.

“Mengingat sebagian besar pemakai internet menghabiskan sebagian besar waktu di rumah. Bekerja dari rumah, seperti karyawan, guru, ASN, akademisi, dan lain-lain. Hal ini merupakan kesempatan bagus untuk pelaku usaha menerapkan strategi digital marketing, melalui media sosial, organic melalui SEO maupun paid channel,” kata Dudung.

Mengoptimalkan kiat-kiat pemasaran secara digital menjadi salah satu yang sangat dibutuhkan oleh UKM dan UMKM dalam berjuang melawan pandemi.

Maka dari itu, perlu adanya informasi lengkap melalui berbagai webinar seperti yang dilakukan Lifepal.

Selain mengetahui kiat-kiat pemasaran secara digital, para pelaku UKM dan UMKM juga harus melakukan financial planning yang baik, terutama di masa pandemi seperti saat ini.

Sementara itu, Perencana Keuangan Lifepal, Aulia Akbar, CFP®, AEPP® mengungkapkan, ada beberapa poin yang harus diperhatikan bagi pelaku UKM/UMKM.

Yaitu, memisahkan rekening pribadi dan bisnis, memiliki dana darurat 2 tahun bila pemula di bisnis, menyiapkan proteksi, menyiapkan distribusi kekayaan, dan memiliki investasi untuk tujuan finansial.

“Bisnis adalah investasi, selain memusatkan perhatian ke perkembangan bisnis, sangat penting diperhatikan bahwa para pemilik usaha wajib memiliki perencanaan keuangan yang baik untuk keuangan pribadi dan keluarga, agar mereka semua bisa bebas finansial,” ungkap Perencana Keuangan Lifepal.co.id, Aulia Akbar, CFP®, AEPP®.

Dalam webinar kali ini, Lifepal mengajak UKM/UMKM dari berbagai bidang seperti Komunal, Dompet Kilat, Bizhare, Modal Rakyat, OnList, Haltev, TapTalk.io, Flick Indonesia, Panggilin dan Rahsa Nusantara bergabung menjadi peserta.

Pada kesempatan itu, Rahsa Nusantara memberikan give away kepada 10 para pelaku usaha yang bergabung dalam webinar ini.

Sumber : https://www.depokpos.com/2021/07/lifepal-ajak-ukm-optimalkan-perencanaan-keuangan-dan-perkuat-digital-marketing-di-masa-pandemi/ 

0 comments:

Post a Comment