Wednesday, July 14, 2021

Bupati Umi Dorong Koperasi di Kabupaten Tegal Bertransformasi ke Digital


SLAWI – Bupati Tegal Umi Azizah menyampaikan di Momen Hari Koperasi Nasional, ada upaya dan langkah bersama untuk mengubah citra koperasi di tengah persaingan ketat pasar bebas dan terbuka. Dia mengharapkan agar tetap menjadi sokoguru perekonomian bangsa.

“Proses disrupsi perkoperasian dalam mengikuti perkembangan teknologi digital harus secepatnya diwujudkan, bukan lagi diwacanakan. Saat-saat pandemi seperti inilah yang harus kita manfaatkan sebagai momentum perubahan,” ujarnya.

Menurutnya, langkah ini sejalan dengan tema Hari Koperasi. Yaitu Transformasi Digital Bisnis Koperasi Menuju Koperasi Modern yang Kuat, Mandiri dan Bermartabat.

Umi mengatakan, modernisasi koperasi tidak terlepas dari upaya mendigitalisasi koperasi yang harus dipaksakan kepada 123.048 unit koperasi aktif. Hal itu sesuai Data Kementerian Koperasi dan UKM per 31 Desember 2019 dengan total anggota 22,46 juta orang.

Modernisasi ini akan berhasil jika seluruh anggotanya melek literasi digital. “Ini perlu ada klinik koperasi digital sebagai salah satu bentuk praksisnya. Upaya ini saya contohkan pada pilot project kita, Pemkab Tegal yang bekerja sama dengan PT Kasyr di lantai 1 Trasa Coworking Space untuk ikut membantu proses digitalisasi UMKM,” katanya.

Sementara itu, Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disdagkopukm) Kabupaten Tegal membagikan ratusan paket sembako kepada anggota koperasi yang terdampak COVID-19. Paket sembako dibagikan di Ruang Rapat Bupati, Senin (12/7) bertepatan dengan peringatan Hari Koperasi Nasional yang ke-74.

“Ada 200 paket sembako dengan nilai Rp 150 ribu. Ini diberikan kepada para anggota koperasi yang terdampak COVID. Dan bantuan ini dari donasi gerakan koperasi se-Kabupaten Tegal,” kata Suspriyanti.

Dalam Perayaan Hari Koperasi ke-74 itu, juga dilaksanakan pemotongan tumpeng oleh Bupati Tegal, Umi Azizah didampingi Kepala Disdagkopukm Kabupaten Tegal, Suspriyanti dan perwakilan koperasi yang dilakukan secara online.

Bupati juga menyampaikan selamat atas penghargaan Jasa Bakti Koperasi dan UKM Kategori Pejabat Instansi Pusat/ Daerah dari Kementerian Koperasi dan UKM kepada Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Tegal, Suspriyanti.

“Saya ucapkan selamat atas prestasi Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan UKM Kabupaten Tegal, Suspriyanti. Saya berharap bisa memajukan koperasi di Kabupaten Tegal,” ucapnya.

Sumber : https://panturapost.com/bupati-umi-dorong-koperasi-di-kabupaten-tegal-bertransformasi-ke-digital/ 

0 comments:

Post a Comment