Sunday, July 18, 2021

IZI Kaltara dan PLN UPDK Tarakan Bantu UMKM


PROKAL.CO, TARAKAN – Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Kaltara berkerja sama dengan Yayasan Baitul Mall (YBM) PT PLN (Persero) Unit Pelayanan Pengendalian Pembangkit (UPDK) Tarakan menyerahkan bantuan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil Mengah (UMKM) di Kota Tarakan.

Dengan program Lapak Berkah, bantuan berupa peralatan-peralatan produksi dan modal usaha tersebut diserahkan langsung oleh Manager PLN UPDK Tarakan Heni Setyo Handoko kepada pemilik usaha UMKM, Siti Aminah, di kediamannya yang berada Jalan Jembatan Kuning, RT.14, Kelurahan Juata Laut, Sabtu (17/7).

Manager PLN UPDK Tarakan Heni Setyo Handoko mengatakan, bantuan yang diberikan ini untuk mendukung kegiatan produksi UMKM yang dikelola Siti Aminah bersama dengan rekan – rekannya.

“Bantuan ini dari YBM yang dikelola dari PLN dari dana zakat pegawai PLN. Dananya diperuntukkan hal-hal seperti ini,” katanya. Ia berharap, bantuan yantg diberikan bermanfaat dan bisa meningkatkan kapasitas produksinya. Meski masih dalam kondisi pandemi, semoga usahanya bisa terus berkembang dan survive.

Sementara itu, Kepala IZI Kaltara Reza Fahriza mengatakan, ini merupakan salah satu program kerja sama antara IZI Kaltara dan YBM PLN UPDK Tarakan, yang bertujuan untuk pemberdayaan masyarakat. Dengan bantuan yang diberikan kepada penerima manfaat, usaha yang dijalankan bisa terus berkembang.

“Kalau saat ini produknya Siti Aminah dijual di wilayah Juata saja. Kita berharap produknya juga bisa dijual di wilayah kota, bahkan di kabupaten dan kota yang ada di Kaltara,” tuturnya.

Ia menjelaskan, program Lapak Berkah ini juga sebagai bentuk mendukung program pemerintah daerah dalam kegiatan sosial di kota Tarakan dan Kaltara. Selain pemberian bantuan modal usaha dan peralatan produksi, pihaknya juga melakukan pendampingan ekonomi dan agama kepada keluarga pemilik usaha.

Ditempat yang sama, pemilik usaha, Siti Aminah, menyampaikan terima kasih kepada YBM PLN UPDK Tarakan dan IZI Kaltara yang memberikan bantuan ini kepada keluarganya. Semoga bantuan yang diberikan bermanfaat, khususnya untuk mengembangkan usaha ini.

“Usaha saya ini kripik pisang dan kripik singkong. Tidak menutup kemungkinan kami juga akan mengembangkan usaha ini, seperti membuat kue, gorengan, dan ambon. Meskipun kami tinggal di daerah kebun dan tempatnya terpencil, kami juga bisa berkreasi,” tutupnya.

Sumber : https://kaltara.prokal.co/read/news/38083-izi-kaltara-dan-pln-updk-tarakan-bantu-umkm/6 

0 comments:

Post a Comment