Sunday, July 4, 2021

Industri Kecil Mikro di Pagaralam Butuh Pinjaman Modal Bunga Nol Persen


TIMESINDONESIA, PAGARALAM – Kendati belum adanya industri besar baru yang diharapkan mampu banyak menyerap banyak tenaga kerja namun pertumbuhan Industri Kecil Mikro (IKM) masih menggeliat.

Sejauh ini menurut pendataan Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan IKM Kota Pagaralam, keberadaan usaha atau industri didominasi skala kecil mikro yang bergerak memproduksi pangan.

Tidak terlepas dari itu, untuk mendorong kemajuan usaha ataupun industri tentunya tidak terlepas dari campur tangan pemerintah.

Dalam hal ini, inovasi program pinjaman dari pemerintah daerah tentunya sangat diharapkan pelaku usaha.

“Seperti program pinjaman (dengan bunga, red) 0 persen dari Wali Kota Pagaralam. Sedikit banyak tentunya sangat membantu pelaku usaha khususnya mereka yang skala usahanya kecil,” ujar Kadisprindagkop dan UKM Kota Pagaralam, Dawam SH melalui Kabid Industri, Indriany Faiti SSt Pi MM dihubungi, Minggu (4/7/2021).

Lanjut dia, jika dibandingkan jenis usahanya, industri pangan lebih mendominasi.

Dengan kata lain sekitar 61 persen jumlah IKM di Kota Pagaralam bergerak memproduksi pangan.

“Seperti industri kopi bubuk, kuliner atau pangan lainnya,” beber Indriany.

Industri kecil menengah yang ada di Kota Pagaralam dikelompokkan berdasarkan jenis usahanya. Sebut Indriany, seperti pangan, sandang dan kulit, kimia dan bahan bangunan, logam dan jasa, serta kerajinan dan umum (kraum, red).

Tahun lalu (2020, red) di Kota Pagaralam terdata sebanyak pada sebanyak 1.177 IKM yang tersebar di lima kecamatan.

“Sekitar 61 persennya atau sebanyak 719 IKM adalah industri kecil menengah yang bergerak memproduksi pangan,” ujar dia.

Berbeda dengan UKM, jawab Indriany, Industri Kecil Mikroadalah unit usaha yang kegiatannya memproduksi atau menghasilkan produk. Industri dimaksud tentunya memerlukan bahan baku dan proses untuk menghasilkan produk. “Kendati dalam kondisi pandemi industri kecil menengah masih tumbuh,” katanya.

Sumber : https://www.timesindonesia.co.id/read/news/356551/industri-kecil-mikro-di-pagaralam-butuh-pinjaman-modal-bunga-nol-persen 

0 comments:

Post a Comment