Tuesday, July 13, 2021

Gubernur Bengkulu dukung program literasi digital Kominfo


Bengkulu (ANTARA) - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mendukung program literasi digital yang digagas Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) sebagai ruang untuk memberikan pemahaman bagi masyarakat tentang penggunaan internet yang cakap, bijak dan aman.

"Tujuan literasi digital agar masyarakat cakap dalam menggunakan teknologi digital, bermanfaat bagi putra putri daerah dalam membangun daerahnya masing-masing melalui digital platform," kata dia di Bengkulu, Selasa.

Menurut Rohidin, dengan semakin banyaknya masyarakat yang paham tentang teknologi digital dan akses internet maka akan semakin mempercepat proses pembangunan daerah.

Kominfo membuka kelas literasi digital di Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu secara virtual untuk mengedukasi dan mewujudkan masyarakat agar paham akan literasi digital secara lebih mendalam sehingga bisa menyikapi secara bijaksana penggunaan platform digital.

Kegiatan yang mengangkat tema "Jarimu menentukan akunmu" itu, memberikan empat materi bagi peserta yaitu digital skill, digital safety, digital ethic, dan digital culture.

Beberapa isu yang dibahas dalam pelatihan itu, di antaranya tentang etika menghargai konten, peran literasi untuk mengubah cara pandang konsumtif menjadi lebih produktif, tips dan trik membuat konten yang menarik, dan fungsi keamanan dan pin password.

Kepala Seksi (Kasi) Bina Usaha Koperasi dan UKM Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Rejang Lebong Syahrullah mengatakan literasi digital memudahkan warga mencari informasi terkini secara cepat, memperluas jaringan, dan berpikir lebih kritis, kreatif, dan inovatif.

Ia mencontohkan penerapan literasi digital seperti memanfaatkan media sosial sebagai sarana peningkatan usaha dan kewirausahaan.

"Tips mengubah 'mindset' konsumtif menjadi lebih produktif dengan cara menyusun anggaran belanja, menabung, menetapkan prioritas, hindari penggunaan kartu kredit, dan mulai berinvestasi," kata dia.

Sumber : https://bengkulu.antaranews.com/berita/170334/gubernur-bengkulu-dukung-program-literasi-digital-kominfo 

0 comments:

Post a Comment