Gandeng Influencer dan Artis, Bara Imaji Luncurkan Program Bantu UMKM Indonesia
JAKARTA - Pandemi Covid-19 yang terjadi sejak 2020 lalu berdampak pada
banyak sektor, termasuk sektor ekonomi. Usaha mikro, kecil, dan menengah
sebagai elemen penting dalam perekonomian Indonesia juga harus
mengalami masa sulit selama pandemi terjadi. UMKM mengalami berbagai
permasalahan, mulai dari penjualan turun tajam, omzet berkurang drastis,
dan modal pun habis terkikis.
Menurut laporan dari UNDP dan
Lembaga Penelitian Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) Universitas Indonesia,
sembilan dari sepuluh UMKM mengalami penurunan permintaan produk selama
pandemi Covid-19.
Dari segi pendapatan pun mengalami penurunan
hingga 30 persen pada tahun 2020. Sementara itu, dari total 64,2 juta
UMKM di Indonesia, hanya 10,25 juta yang sudah terhubung dengan platform
digital. Oleh karena itu, diperlukan usaha dan dukungan yang besar
untuk mengatasi masalah ini.
Melihat situasi ini, Bara Imaji
selaku perusahaan digital agensi yang berfokus pada Brand Ambassador,
KOL Management, dan influencer marketing yang peduli pada merek-merek
UMKM di Indonesia meluncurkan program bertajuk “UMKMembara” di tengah
pandemi Covid-19 yang masih melanda. Program ini diinisiasi oleh Bara
Imaji sebagai kontribusi mereka dalam mendukung UMKM dan UKM di
Indonesia. Program ini bisa menjadi salah satu cara untuk dapat
meningkatkan brand awareness dan mendongkrak penjualan.
“Bara
Imaji berkomitmen untuk memberikan kontribusi dalam memecahkan
permasalahan UMKM Indonesia yang terdampak Covid-19 karena kita tahu
bahwa UMKM merupakan pilar ekonomi nasional,” ujar Nur El Ikhsan selaku
CEO Bara Imaji melalui siaran persnya, Rabu (28/7/2021). Program
UMKMembara berbentuk video review produk-produk UMKM oleh tim Bara Imaji
melalui aku ofisial di Instagram dan YouTube channel Bara Imaji. Selain
itu, review ini bersifat gratis dan juga ada produk yang berpeluang
di-review oleh influencer atau bahkan artis.
UMKM yang mendaftar
juga akan mendapatkan satu stok foto produk dan video review yang bisa
diunggah di akun masing-masing sosial media mereka.
Dengan
menggaet influencer maupun artis di program ini, Bara Imaji berharap
agar semakin banyak masyarakat yang aware dan tertarik untuk membeli
produk UMKM. Mengingat bahwa kekuatan word of mouth sangat besar dalam
mempengaruhi orang lain untuk membeli suatu produk yang di-review oleh
influencer. Dengan begitu, akan semakin banyak masyarakat yang sadar,
mau mendukung, dan memilih produk lokal.
“Dengan diluncurkannya
UMKMembara kami berharap bisa meningkatkan awareness masyarakat terhadap
produk-produk UMKM yang dampak lebih lanjutnya bisa meningkatkan sales
sehingga UMKM pun bisa bangkit dan makin membara,” harap Ikhsan.
Di
masa PPKM saat ini banyak pihak yang terdampak, tak terkecuali UMKM
yang berharap bisa pulih di situasi yang tidak pasti. PPKM yang juga
diperpanjang makin membuat pelaku usaha mengalami penurunan pendapatan.
Hal ini tak lain karena peraturan PPKM membuat pelaku usaha harus
membatasi jam operasionalnya.
Oleh karena itu, Bara Imaji
berupaya hadir untuk membangkitkan UMKM melalui program UMKMembara. Bagi
penggiat UMKM bisa mendaftarkan brand kalian melalui tautan berikut http://bit.ly/ReviewBaraImaji. Info lebih lanjut dan lengkap perihal program UMKMembara dapat dicek di Instagram Bara Imaji @baraimajiofficial.
Sumber : https://m.jpnn.com/news/gandeng-influencer-dan-artis-bara-imaji-luncurkan-program-bantu-umkm-indonesia?page=3
0 comments:
Post a Comment