Thursday, July 8, 2021

Diskop Sulsel Beri Pelatihan Kepada Pelaku UMKM di Makassar


MAKASSAR, RAKYATSULSEL.CO – Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Provinsi Sulawesi Selatan memberikan pelatihan vocational kepada seratus pelaku UMKM di Kota Makassar.

Pelatihan tersebut berupa vocational produksi dan pengolahan, pemasaran, sumber daya manusia, desain dan teknologi. Kegiatan ini dimulai 5-6 Juli 2021. Diikuti oleh angkatan lima dan enam.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Pemprov Sulsel, Abdul Malik Faisal mengatakan pelatihan ini adalah program rutin Dinas Koperasi dan UKM Sulsel yang bertujuan untuk mengembangkan potensi pelaku UMKM.

“Kegiatan ini sudah rutin kita lakukan tiap tahun, tujuannya untuk memaksimalkan potensi pelaku UMKM supaya bisa lebih kreatif dan bersaing di dunia wirausaha,” kata Abdul Malik.

Karena itu, dia berharap agar para pelaku usaha yang mengikuti pelatihan ini dapat menyerap ilmu yang diberikan oleh para pemateri sehingga dapat mengembangkan kemampuan pelaku UMKM.

“Melalui pelatihan ini, kita berharap para pelaku UMKM ini sudah mempunyai kemampuan yang lebih dalam meningkatkan usahanya, baik di bidang produksi, pengolahan, pelayanan dan pemasaran,” beber dia.

Tidak hanya sekadar memberikan materi terkait kewirausahaan. Nantinya, Dinas Koperasi dan UKM Pemprov Sulsel juga akan memfasilitasipelaku UMKM dengan pihak perbankan agar bisa mendapat bantuan modal usaha.

“Kita juga nanti akan memilih beberapa pelaku UMKM untuk menjadi pilot project penerapan teknologi transaksi non tunai,” papar dia.

Diketahui, selain Kepala Dinas Koperasi dan UKM Pemprov Sulsel Abdul Malik Faisal membawakan materi soal kebijakan pemberdayaan UMKM, turut hadir pula dua pemateri lain.

Keduanya yakni Prof Rabina Yunus membawakan materi tentang pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan, dan Kepala UPT PLUT Andi Diah dengan materi strategi pemasaran promosi.

Sumber : https://rakyatsulsel.co/2021/07/09/diskop-sulsel-beri-pelatihan-kepada-pelaku-umkm-di-makassar/ 

0 comments:

Post a Comment