Sunday, June 13, 2021

Warkop Digital Manfaatkan KUR Demi Tingkatkan Ekonomi Desa


 Liputan6.com, Jakarta - Warkop Digital bersama alumni prakerja akan memanfaatkan kredit usaha rakyat (KUR) super mikro. Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan ekonomi nasional yang terdampak pandemi Covid-19.


Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, masyarakat dan pelaku usaha termasuk UMKM mempunyai peran yang strategis dalam mempercepat pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

"Pemerintah memandang UMKM digital sebagai kunci pemulihan ekonomi," kata Airlangga, Minggu (13/6/2021).

Sementara itu, salah satu UMKM, Warung Kopi (Warkop) Digital juga memanfaatkan kredit usaha rakyat (KUR) super mikro untuk meningkatkan perekonomian desa bersama para alumni prakerja. Sebanyak 21.000 alumni dari program pelatihan kartu prakerja.

Warkop Digital merupakan program pemberdayaan masyarakat desa, melalui kedai kopi sederhana dengan fasilitas layanan digital, pemanfaatan teknologi digital dan internet dalam pengembangan dan digitalisasi desa.

Penggagas Warkop Digital, Dedi Yudianto menyatakan, penawaran KUR super mikro dari pemerintah pusat merupakan sebuah kesempatan untuk para alumni Kartu Prakerja sebagai modal usaha.

Anggaran yang dialokasikan pemerintah pusat yakni sebesar Rp 41,8 triliun untuk KUR super mikro atau pinjaman berplafon Rp 10 juta per unit usaha tanpa jaminan pada tahun 2021.

"Lama usaha tidak dibatasi minimal enam bulan, tapi hanya disyaratkan bagi yang mengikuti program pelatihan Kartu Prakerja," jelas dia.

Sumber : https://www.liputan6.com/news/read/4580914/warkop-digital-manfaatkan-kur-demi-tingkatkan-ekonomi-desa

0 comments:

Post a Comment