Wednesday, June 9, 2021

Tak Siap Go Digital, Menkop UKM: Akan Diambil Alih Produk Luar


 Liputan6.com, Denpasar - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki berkunjung STMIK Primakara Denpasar dan menemui pelaku UKM di Bali, pada hari Selasa (8/5/2021).


Ia menyebut, para pelaku UKM harus mengubah pola pikir. Karena dalam situasi pandemi Covid-19, tidak mungkin lagi menjual produknya dengan menunggu datangnya wisatawan.

"Ide besarnya, bagaimana dalam situasi pandemi, semua produk UKM Bali bisa dikunjungi melalui aplikasi digital," kata Menkop UKM Teten di kampus STMIK Primakara Denpasar.

Teten Masduki menyebut, perilaku konsumen dalam situasi pandemi Covid-19 telah banyak berubah. Semua melakukan pembelian secara online dan seharusnya hal tersebut menjadi peluang para UKM di Bali.

Ia menambahkan, sejak pandemi Covid-19 terjadi peningkatan penjualan produk UKM, untuk sektor makanan dan minuman hingga 26 persen. Peningkatan juga dialami produk UKM untuk pemeliharaan kesehatan, seperti masker dan hand sanitizer.

"Jika melihat tahun 2025, sampai 1.800 triliun di dalam negeri. Jika kita tidak siap go digital, ini akan diambil alih produk luar," ucapnya.

Menkop UKM Teten juga mengapresiasi STMIK Primakara Denpasar, yang banyak menciptkan aplikasi digital dan digunakan para pelaku UKM di Bali.

"Ini keren dan hebat. Bisa menjadi semacam plug and play, yang memberikan peluang anak-anak muda untuk mengembangkan idenya," ujarnya.

Sementara itu, Ketua STMIK Primakara Made Artana mengaku, banyak memberikan dukungan penguatan ekonomi kreatif.

Di antaranya itu pertumbuhan wirausaha, startup baru dan UMKM baru di bidang ekonomi kreatif dan penguatan pendampingan digitalisasi UMKM.

STMIK Primakara juga dipercaya Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar, sebagai mitra penyelenggara Pandemic Incubation Program (PIP)

"PIP ini merupakan program workshop, stimulus modal usaha dan pendampingan untuk mencetak pelaku UMKM baru, di masa pandemi Covid-19," ujar Artana.

Sumber : https://www.liputan6.com/regional/read/4576979/tak-siap-go-digital-menkop-ukm-akan-diambil-alih-produk-luar

0 comments:

Post a Comment