Thursday, June 10, 2021

Sleman Dorong Kapanewon Bangkitkan UMKM


 REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, membuka pameran UMKM yang diadakan Pemerintah Kapanewon Cangkringan di Lapangan Kantor Kapanewon Cangkringan. Selain pameran UMKM, juga diadakan bakti sosial dengan tema Ekonomi Cangkringan Bangkit.


Dalam sambutannya, Kustini menyatakan dukungan kepada masyarakat yang telah mampu membangun kerja sama menggelar kegiatan tersebut. Ia menilai, peran UMKM dan bakti sosial merupakan usaha meningkatkan perekonomian, serta menekan angka kemiskinan.

"Masa pandemi ini, kesehatan dan ekonomi diibaratkan dua pedal sepeda. Keduanya harus bergerak agar bisa berjalan," kata Kustini, Kamis (10/6).

Panewu Cangkringan, Suparmono menuturkan, pameran UMKM tersebut diikuti oleh 100 stan-stan UMKM dan Gapoktan. Sedangkan, bakti sosial dilakukan dengan pembagian 100 paket sembako lansia, 100 alat produksi pelaku usaha dan lima benih bagi Gapoktan.

"Kegiatan ini merupakan hasil gotong royong berbagai unsur di Kapanewon Cangkringan," ujar Suparmono.

Selain pameran UMKM dan bakti sosial, juga diadakan donor darah yang diikuti oleh 100 orang, pelatihan kepada UMKM dan senam bersama. Kegiatan itu secara simbolis dibuka Bupati Sleman dengan membatik di atas kain bersama tamu-tamu undangan lain.

Walau bersifat pameran, kegiatan tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat mengingat pandemi covid masih berlangsung. Sehingga, diharapkan agenda yang ada tidak menimbulkan penyebaran dan mencegah penularan covid ke masyarakat.

Sumber : https://republika.co.id/berita/quhsgd457/sleman-dorong-kapanewon-bangkitkan-umkm

0 comments:

Post a Comment