Wednesday, May 26, 2021

Diskop UKM DIY Gandeng BKD DIY Rekrutmen Konsultan PLUT

 

YOGYA, KRJOGJA.com – Rekrutmen Konsultan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Bidang Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (KUMKM) telah mencapai tahap Test CAT (Computer Assisted Test), Selasa (25/5/2021) pagi di Balai Latihan Pendidikan Teknis (BLPT) DIY, Jalan Kyai Mojo 70 Yogyakarta.

Rekrutmen oleh Pemda DIY melalui Dinas Koperasi (Diskop) UKM DIY bekerjasama dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DIY untuk mengisi 4 formasi Konsultan PLUT Bidang KUMKM yang dibutuhkan.

“Proses rekrutmen semuanya dijalankan secara terbuka dan transparan. Semua hasil akan diketahui dan diumumkan secara resmi,” tutur Kabid Layanan Kewirausahaan KUKM Diskop UKM DIY Wisnu Hermawan saat pembukaan Test CAT.

Wisnu menyebutkan pelaksanaan Test Rekrutmen dengan menggandeng BKD DIY sebagai lembaga yang kompeten sebagai bukti akuntabilitas Diskop UKM DIY yang benar-benar mencari sumber daya unggul dan terbaik dari kader-kader yang mendaftar.

“Sebelumnya pengumuman rekrutmen secara terbuka dan diikuti 26 pendaftar. Lolos seleksi administrasi sebanyak 19 peserta kemudian mengikuti test CAT ini. Nantinya akan lolos 12 peserta (3 peserta terbaik dari 4 formasi) untuk mengikuti test akhir berupa wawancara hingga terpilih 4 orang yang akan mengisi formasi yang dibutuhkan,” jelas Wisnu.

Disebutkan 4 (empat) formasi Konsultan Pendamping PLUT yang dibutuhkan masing-masing 1 personil meliputi bidang kerjasama rebranding, bidang IT, kelembagaan dan pemasaran. “Mereka yang lolos sampai Test CAT ini sudah memenuhi persyaratan umum dan kompeten di bidang yang dibutuhkan,” jelas Wisnu.

Sementara Kabid Perencanaan Pengadaan BKD DIY, Harry Susan Pujiraharjo menyebutkan Test CAT yang berbasis komputer ini dengan materi tes kompetensi dasar dan kompetensi bidang terkait UKM dan Koperasi dengan waktu pengerjaan/pelaksanaan 1 jam, dan bisa langsung diketahui hasilnya dari nilai terbaik formasi yang dilamar.

“Setiap rekrutmen tenaga kontrak atau tenaga bantu non PNS, dari anggaran APBN maupun APBD, BKD DIY dapat membantu memfasilitasi pelaksanaan tes. Hal ini berkaitan dengan tupoksi tatakelola manajemen SDM di lingkungan Pemda DIY yang ada pada lembaga BKD DIY sekaligus komitmen institusi sebagai lembaga yang independen dan kapabel dalam proses rekrutmen SDM di lingkungan Pemda DIY,” ucap Harry

Sumber : https://www.krjogja.com/berita-lokal/diy/diskop-ukm-diy-gandeng-bkd-diy-rekrutmen-konsultan-plut/3/

0 comments:

Post a Comment